//
you're reading...
Uncategorized

Benarkah Ryan Pembunuh “Berantai”?

Pastilah sudah banyak blog yang membahas tentang kasus yang menghebohkan di tahun 2008 ini. Siapa sih yang enggak kenal, sang algojo yang berasal dari Jombang ini?. Beberapa surat kabar nasional sudah beberapa kali memberitakan dalam head lines news-nya.  Selain sebagai pembunuh, ternyata dia juga dikenal sebagai orang yang memiliki orientasi sexual yang menyimpang, gay.

Saya ingin menulis masalah si Very Idam Heryansyah atau yang lebih dikenal dengan Ryan ini tetapi dari sisi predikat dia sebagai pembunuh “berantai”.  Ada pertanyaan yang menggelitik dalam benak saya, mengenai kosa kata penggunaan “berantai”. Benarkah dia seorang “pembunuh berantai”?. Pengertian saya yang disebut berantai adalah: katakan saja ada manusia yang bernama A(mir) – B(udi) – C(andra) – D(ido),  dan seterusnya. Maka yang disebut pembunuhan berantai menurut saya adalah: Dido dibunuh oleh Candra,  dan Candra dibunuh oleh Budi,  selanjutnya Budi dibunuh oleh Amir.

Atau minimal yang disebut rantai, paling enggak ada satu mata rantai, katakan saja, misalnya si Amir menyuruh Budi untuk membunuh Candra , tetapi Amir juga menyuruh Dido untuk membunuh Budi dan terakhir Dido yang dibunuh oleh Amir. Dalam kasus ini jelas mata rantainya.

Nah, dalam konteks kasus Ryan apakah memang seperti itu? Atau pengertian saya yang keliru dalam mendefinisikan “berantai”? 

Tetapi jika pelaku tunggalnya hanya si Ryan, maka lebih tepat kalau dia disebut sebagai pembantai saja. Bukan pembunuh berantai, bener enggak ya? Sebab kalau memang disebut berantai, sebetulnya rantainya yang mana? kalau membunuh berkali-kali, apa bisa disebut berantai.

Sempat saya mendiskusikan masalah pengertian “berantai” ini dengan kawan-kawan di kantor. Tetapi saya tetap kekeuh pada pendapat saya.  :-) Bagaimana pendapat para blogger? Jangan-jangan saya nya yang rada *error sendirian* he he he…

About these ads

Diskusi

24 thoughts on “Benarkah Ryan Pembunuh “Berantai”?

  1. Yeah..ternyata aku punya kawan yang meragukan title “berantai” yang disandang oleh Ryan. Sempat emang aku berdebat dengan salah satu keluargaku, bahkan aku pun bermain hati dengan ketidakjelasan dari pengertian “berantai”.
    Anda benar… Ryan bukanlah pembunuh berantai, karena sangat jelas sekali saat ini ia adalah aktor tunggal.
    Apa daripada ragu kita tanya aja ama ahli bahasa forensik ya…

    Berarti kita sepemikiran he he he…

    Posted by dhea | Juli 31, 2008, 6:04 pm
  2. Kata-kata pembunuh berantai ini, berawal paling gak dari majalah intisari sejak dahulu kala (Perkara Kriminal).
    Anda benar. Tapi berantai, jika kita lihat modus pembunuhannya dan korbannya banyak, bisa juga kan seperti rantai (sama bentuknya).

    Salam,
    Masm3t

    Oh begitu ya … he he he.. tks atas informasinya

    Posted by Masm3t | Juli 31, 2008, 8:24 pm
  3. yang benar tuh anda………
    yang manamya rantai kan mesti saling terkait y kan????

    tapi….
    biasa sih masy. kita emang suka salah kaprah, termasuk saya….

    Menurut saya sih memang salah kaprah.

    Posted by obaji | Agustus 1, 2008, 7:47 am
  4. Mungkin istilah itu diterjemahkan dari “serial killer” yg mungkin lebih tepat jadi pembunuh ber-seri … hehehe … (*nambahin bingung aja*)

    Iya pak, nambah bingung nih. ha ha ha… masa Ryan disebut “pembunuh berseri”

    Posted by Oemar Bakrie | Agustus 1, 2008, 10:45 am
  5. kemarin saya juga baru mendiskusikan tentang ‘pembunuhan berantai’ ini. kalo menurut persepsi saya kok malah bisa dikatakan berantai kalo yang dibunuh memiliki hubungan kekeluargaan. hehehe, lebih menyimpang ya pemikiran saya? lha wong saya juga bingung, kenapa dibilang pembunuhan berantai, padahal kan antara korban a, b, c dan seterusnya ndak ada hubungannya….

    Berarti kita sama-sama bingung. Hidup bingung! :D

    Posted by fenny | Agustus 1, 2008, 11:15 am
  6. kalo mau pastinya nanya ma dia aja kali ya ???
    saya juga ngga tau pasti

    Mungkin bisa ditanya sama orang yang pernah jalan bareng sama dia. Pak Said bisa cerita? ha ha ha ha…. sorry just kidding.

    Posted by realylife | Agustus 1, 2008, 12:37 pm
  7. Ryan bunuh korbannya pake linggis.Jadi harusnya istilahnya ryan pembunuh berlinggis bukan berantai soalnya ryan ga bw rantai .Salam

    Tetapi dia juga berdarah dingin loh. Jadi Ryan pembunuh berlinggis berdarah dingin.

    Posted by amanjaelani | Agustus 2, 2008, 2:19 am
  8. disebut berantai karena modusnya berurutan : kenalan-akrab-kencan trus dibunuh dahh dan kayaknya ada motif ekonomi krn abis membunuh trus merampas harta benda si korban dan jangan-jangan ada konspirasi tuch…pak polisi segera ungkap faktanya ya..tack tunggu berita selanjutnya

    Oh gitu ya … kalau gitu kita sebut saja, Ryan pembunuh berurutan :D

    Posted by b0w w0w | Agustus 3, 2008, 2:01 am
  9. yang benar tuh anda………
    yang manamya rantai kan mesti saling terkait y kan????

    >>>
    Tentu rantai virtual. mata rantainya “korban”, dan kait virtualnya “dibunuh oleh pembunuh yang sama” Cara kerjanya jadi seperti rantai.

    Tentu tidak harfiah. Kalo mau harfiah, Ryan sewaktu membunuh, korbannya dicekik pake rantai. Dan ditulis “ini dibunuh pake rantai lhoh ..”

    He..he… ada ada aja.

    Beugh…, makin membingungin aja, masa pake virtual segala, mmg membunuhnya pake internet? Ha ha ha…

    Posted by Masm3t | Agustus 3, 2008, 2:04 am
  10. ini baru definisi yang jelas tentang berantai …
    pas ….

    Sip, ada pendukung.

    Posted by rudyhilkya | Agustus 3, 2008, 3:39 pm
  11. mungkin maksud pembunuh “berantai” disini
    artinya pragmatik kali ya

    Bisa jadi. Eh … btw pragmatik apaan ya?

    Posted by erina | Agustus 4, 2008, 9:52 am
  12. Menurut q mungkin Ryan na pemalas kali rz dia doyan na ma rantai ha..a

    ha ha ha…

    Posted by lepri | Agustus 6, 2008, 1:25 am
  13. Kalo gak salah inget, kata eyang saya, yang namanya pembunuh berantai itu kalo yang dibunuh (korban)punya kesamaan, misalnya orang yang lahirnya Senin Paing. Dan, waktu pembunuhannya pun juga sama, misalnya setiap malam Jumat Pon. Kalo cuma soal banyaknya korban lantas disebut berantai, ya gak bisa dong…gimana kalo rantainya cuma punya dua mata?

    Pasti dech terpengaruh film-film he he he he.. saya lupa judulnya.

    Posted by sinten | Agustus 6, 2008, 6:18 am
  14. nO c0mmEnt’s huahahaha…. ^_^

    Posted by Risky | Agustus 8, 2008, 2:37 am
  15. v kl0 sOal hukUmaN menUrut syA…
    mEndin9 diA d’p0ton9 sAtu2…or d’lepasin jA biAr wAR9a y9 mEn9hakimi.. bEtul 9a???

    Rupanya, mas/mbak ini enggak tahan untuk memberi comment ya …
    btw, mengenai usulannya sy gk setuju … he he he… kalo gt gk ada bedanya dong kita dg dia.

    Posted by Risky | Agustus 8, 2008, 2:48 am
  16. Ryan itu lebih tepat disebut dengan “Pembunuh Belantai” hehe soalnya korbannya ada yang dikubur dibawah lantai…. salam kenal….

    Boleh juga tuh, “Ryan pembunuh berlantai” … :D

    Posted by andy29mld | Agustus 8, 2008, 10:46 pm
  17. bukan berantai… dia nggak membunuh korbannya pakai rantai, tapi pakai pentungan, kapak, pisau dlll… (tp kyknya jg da pake rantai ye?)
    yang pasti, semua korbannya mati karena jantungnya berhenti oleh berbagai sebab, sprt kehabisan darah, kehabisan udara, benturan dlllll.
    tp tmpngnya innocent gtu… kya…. sweeetttt

    dalamnya laut bisa diukur, tetapi dalamnya hati, hanya Tuhan dan orang itu sendiri yang tahu.

    Posted by numpang_lewat | Agustus 9, 2008, 2:19 pm
  18. ikut nimbrung ya…
    kaya’nya mesti ada pendefinisian yang baru neh…
    layaknya seh:

    Pembunuhan terpusat karena pusat lingkaran pembunuhan ada di Ryan. Sedangkan korban di lingkaran luarnya.

    bagaimana?

    Ya ya ya … bisa diterima juga sih, “Ryan pembunuh terpusat” ha ha ha…

    Posted by all about andrie | Agustus 9, 2008, 8:57 pm
  19. saya setuju dengan pemikiran mas…
    tidak tepat sebagai pembuhan berantai

    tapi mungkin saja kalo mau membela pemakaian kata rantai…
    si ryan ini kita anggap sedang membuat rantai (atau kalung deh), dan untuk itu dia perlu mata rantai yang banyak (korbannya), untuk disambung-sambung menjadi satu rantai yang tidak diketahui berapa panjangnya. Mata rantainya tidak harus sama besarnya karena dia nyeni, suka pake kalung yang asimetris…

    huh jadinya mencari-cari pembenaran hehheeh.
    Apa salahnya pakai kata pembantai atau algojo ya?

    Iya lebih tepat disebut Ryan sang pembantai, jadi gk ngebingungin lagi, ya kan?

    Posted by Ikkyu_san | Agustus 10, 2008, 2:08 am
  20. Q sich ksian bgt gitu ma rian,mngkin dia dulunya srng tuch dihina-hina ma teman-temannya lou dia tuch bencong,jd dia sakit ati dan ngebunuh semouaaaa teman-temannya getoooo

    Perlunya agar menjaga hati, agar tidak dinodai … he he he, kaya lagu ya?

    Posted by @-Yhu | Agustus 14, 2008, 5:17 am
  21. weq
    heboh bgt gila tuch org gila yach

    Betul Mbak, manusia paling terheboh di tahun 2008 kayanya. Setuju?

    Posted by rimachabby | Agustus 14, 2008, 11:00 am
  22. gila pa dia punya penyakit mpe” tega ngebunuh sesama jenis na …..
    knp si sakit hati ya pa sering di ejek ma tmn” na
    klo kya gtu kena hukum mati ja kan dah byk org yang mati karna dia

    Posted by rimachabby | Agustus 14, 2008, 11:02 am
  23. BENER MAN EMANG KALAU KITA MERASA BENAR KENAPA KITA HARU NGIKUTIN PENDAPAT ORANG LAIN,
    POKOK NYA KALAU MASALAH INI AKU SELALU ADA DI BELAKANG MU UNTUK MENDUKUNG MU KEY………….! POKOKNYA JANGAN MERASA LELAH UNTUK MENEGAK KEBENARAN

    Posted by Arsyah Aulia | Agustus 14, 2008, 11:03 am
  24. hukum ryan harus di siksa dulu lalu di tembak mati ja

    Kita serahkan saja ke aparat penegak hukum untuk memproses.

    Posted by seto | Agustus 16, 2008, 2:32 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 376,536 hits
Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: