//
you're reading...
Uncategorized

SUSELinux 10.0 vs OpenSUSE 10.2

Lebih bagus mana antara SUSELinux 10.0, dibandingkan dengan OpenSUSE 10.2 ? Saya merasa perlu melakukan hal ini, sebagai dasar untuk mencari standar system operasi yang nantinya akan digunakan di kantor. Sebelumnya di notebook saya, sudah diinstall dengan OpenSUSE 10.2, yang sebelumnya menggunakan Windows XP.

Ternyata menggunakan Linux lebih menarik ketimbang Windows XP. Banyak pengalaman baru yang memancing saya untuk menjelajahi lebih jauh. Hari ini saya mencoba install dengan SUSELinux (SLED = SUSE Linux Enterprise Desktop), sebuah distro berbayar yang dikembangkan oleh Novell. Menurut saya seharusnya lebih baik, ketimbang OpenSUSE 10.2, khususnya dalam hal koneksi ke server Novell. Bukankah sama-sama dibuat oleh Novell?.

Dari sisi tampilan desktop dan display menu, saya cenderung lebih menyukai OpenSUSE, ketimbang SUSELinux, kenapa? Cuma masalah selera aja koq. Tetapi ada beberapa fitur yang ternyata tidak bisa dilakukan setting pada card network, seperti update name server. Tidak bisa dieditnya name server tersebut, sudah tentu tidak bisa melakukan koneksi ke jaringan internet. Saat ini saya masih belum ada waktu untuk mencari “penyebab” tidak bisa disetting tersebut. Tetapi yang pasti di OpenSUSE 10.2 tidak ada masalah. Untuk sementara kesimpulan saya, saya akan tetap menggunakan OpenSUSE 10.2 saja.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Arsip

Blog Stats

  • 443,387 hits
September 2007
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
