//
you're reading...
Hardware, Uncategorized

NAS untuk kantor kecil, Buffalo LinkStation Pro

Buffalo LinkStation Pro adalah salah satu produk Network Attached Storage (NAS) buatan Buffalo Technologies Inc., yang khusus dipergunakan untuk pengguna kantor skala kecil, menengah dan juga rumahan yang sudah memanfaatkan jaringan. Perangkat penyimpan data dengan bobot 1,6 ini  bersifat modular yang mudah diletakkan di manapun, tanpa memerlukan ruang khusus yang berpendingin karena adanya kipas  mini di bagian belakangnya.  Selain itu, dibagian belakangnya juga terdapat port USB yang berfungsi untuk menambah kapasitas Buffalo menggunakan harddisk external (USB).
Buffalo ini sudah dibekali dengan koneksi yang bisa mentransmisikan data hingga 1 GB perdetik. Sehingga ketika memutar file multimedia yang tersimpan di sini tidak akan menurunkan kualitasnya.
Ada beberapa type varian Buffalo yang dikeluarkan perusahaan tersebut, di antaranya adalah : LS-250GL, LS-320GL, LS-500GL, LS-750GTL, dan LS-1000GL. Sedangkan perangkat yang sedang saya pergunakan untuk dicoba adalah type LS-320GL. Dari type tersebut, menunjukan bahwa kapasitas hardddisk yang digunakan, yaitu sebesar 320 GB dengan harga US$ 220,- dan garansi 1 tahun.
Ketika kami coba gunakan, tidak menemui kesulitan yang berarti. Sangat mudah. Hal ini berkat adanya antarmuka web yang membimbing sejak tahap awal instalasi hingga konfigurasi. Buffalo 320GL ini memliki kemampuan untuk mengatur tingkatan akses setiap user, termasuk batasan jumlah ruang simpan.
Cara instalasi, sangat mudah dan sederhana, yaitu :
  1. Masukan CD LinkNavigator (saat saya tulis masih versi 1.1.0).
  2. Kemudian muncul tulisan : Welcome to Link Setup. Klik pada bagian Begin Instalation.
  3. Selanjutnya muncul dua pilihan : Connect LinkStation to Network dan Connect this PC to LinkStation. Karena saya akan koneksi dari PC ke jaringan, maka saya pilih yang pertama, yaitu Connect LinkStation to Network.
  4. Ada 4 step yang akan dilalui, yaitu : mengkoneksikan kabel power dan kabel ethernet, mengkoneksikan kabel ethernet ke swicth, menghidupkan LinkStation, dan konfirmasi bahwa koneksi sudah berhasil, yang ditandai dengan lampu pada LINK.ACT menyala. Klik Next.
  5. Jika hasil instalasi tidak berhasil, maka akan muncul pesan : Setup cannot be completed. Sehingga saya harus melakukan instalasi ulang, dengan melakukan reset LinkStation. Caranya yaitu dengan menekan tombol kecil di bagian belakang, bertuliskan reset beberapa detik hingga muncul suara “bib”.
Di dalamnya juga terdapat Memeo autobackup software, yaitu aplikasi untuk keperluan melakukan backup secara otomatis.buffalo1.jpg

Diskusi

One thought on “NAS untuk kantor kecil, Buffalo LinkStation Pro

  1. Pak, kalo boleh tahu dimana jenis link station ini toko & tlp nya, cari di toko biasa yg ada merk WDC, jauh lebih murah tapi denger2 suka ada kendala stabilitasnya…japri juga boleh pak makash

    Posted by haris | Mei 14, 2008, 10:24 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
Februari 2008
S S R K J S M
« Okt   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d blogger menyukai ini: