//
you're reading...
Internal, Uncategorized

Pembukaan Audit Internal ISO 9001:2000

Acara dibuka oleh Capt. Lengkong, sebagai QMR.  Beberapa pesan yang disampaikan, bahwa dalam internal audit ini agar auditor, jangan sampai terkesan mencari kutu. Dan juga para auditee diharapkan agar jangan menaruh dendam ketika dilakukan audit. Bagaimanapun ini adalah sebuah proses yang harus dilakukan di dalam mempertahankan sertifikat ISO 9001:2000.

Bpk. Ismet Herdy selaku Lead Auditor, dalam sambutannya menjelaskan bahwa: Sudah 3 tahun sertifikat ISO ini kita pertahankan dan sudah beberapa kali internal audit ini dilaksanakan. Tetapi masih ada beberapa di antara karyawan yang tidak tahu, terhadap hal-hal yang dilakukan oleh perusahaan, seperti halnya ukuran container, jumlah kapal yang kita miliki, dsb.

Karyawan juga harus menyadari output dari pekerjaan, lalu mengapa ada complain? Artinya ada prosedur dan penggunaan form-form yang tidak berjalan. Ditegaskan juga oleh Pak Ismet Herdy, bahwa internal audit ini bukan semata-mata audit saja, tetapi juga merupakan konsultasi sehingga proses-proses yang ada dapat berjalan dengan lebih baik.

Bpk. Hendrik Lengkong (Direksi) dalam sambutannya mengatakan, semua harus mengerti tujuan dari audit, yaitu make sure bahwa system berjalan sebagaimana prosedur yang tertuang di dalam prosedur. Audit harus dilaksanakan secara obyektif, dan bagi auditee jika mengetahui ada hal-hal yang memang ada kekurangan, sebaiknya “mengaku dosa”. Dengan demikian, tidak membuang-buang waktu.

Bpk. Anwar Taufik, menambahkan bahwa: audit ini dilaksanakan secara sampling dan dengan waktu yang terbatas. Sehingga bisa jadi di suatu departemen mungkin tidak ditemukan NC (Non Comformity)  sama sekali. Ditambahkan oleh Pak Rusman Rahman, bahwa penutupan ini harus dibatasi, jangan sampai menghambat. Menurut Pak Ismet bahwa penutupan NC adalah tanggal 19 Maret 2008.

Acara pembukaan ini ditutup pada pkl 14.00 wib, yang diakhiri dengan doa dan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun untuk Bapak Hendrik, yang kebetulan saat itu berulang tahun.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,387 hits
Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d blogger menyukai ini: