//
you're reading...
Uncategorized

Server Wave 2008 Grand Launch

Pagi itu (4/3), saya menghadiri undangan dari Microsoft dalam rangka “Server Wave 2008 Grand Launch” di Jakarta Convention Center (JCC), Cendrawasih Room. Acara pembukaan yang dimeriahkan oleh Group Band Dewa ini, penuh dihadiri oleh pengunjung baik di lantai bawah maupun di balkon. Saya sendiri datang agak terlambat, sehingga praktis tidak mendapat tempat duduk, juga tidak dapat souvenir buku maupun kaos, yang dibagikan kepada 1000 peserta yang hadir pertama.Hadir menjadi pembicara, di antaranya adalah Ward Ralston dan Steve Riley, dari Microsoft Corp USA. Ward Ralston membahas masalah fitur-fitur baru dari Windows Server 2008 sedangkan Steve Riley membahas masalah attack’s trends & Tehnique: Security Versus Productivity. Selain itu ada Naren Wicaksono dan Yulianus Ladung yang membahas ” Future Branch Office Solution with WIndows Server 2008 dll.Tidak semua sesi saya ikuti hanya, Steve Riley dan Naren Wicaksono saja, itupun tidak full. Yang menarik, Steve Riley mempresentasikannya dengan gaya yang sangat santai, bahkan hanya dengan menggunakan celana pendek (tiga perempat). Nyantai banget.  Sedikit catatan dan rangkuman dari Grand Launch Server Wave 2008, sebagai berikut:Salah satu andalan Windows Server 2008 adalah Windows Server Core, juga adanya fitur-fitur baru dan canggih seperti Terminal Service, TS RemoteApp dan TS Web Access. Fitur baru tersebut membuat pengguna akan merasa nyaman, karena bisa mengontrol server di mana saja, dengan waktu yang tidak terbatas. Dengan TS Web Access, kita bisa memilih dan menyimpan aplikasi apa saja di TS Web Access tersebut. Fitur lainnya, Memory Diagnostic Tools, IIS versi 7 yang semakin canggih. Windows Server Core (atau dikenal juga dengan nama Longhorn Server), memungkinkan pengguna tidak perlu meng-upgrade spesifikasi hardware lagi. Karena Server Core ini mampu berjalan pada kondisi instalasi minimal dan tetapi hanya untuk satu fungsi layanan saja tentunya, seperti: DNS server, DHCP server, atau Active Directory Server saja.  Selain itu, pada server core ini tidak ditemukan adanya tampilan GUI (Graphic User Interface), melainkan Command Prompt. Sehingga pengguna harus benar-benar dituntut untuk memahami Native CodeKeunggulan lain WIndows Server 2008 ini adalah, memiliki fitur pengendalian yang lebih baik, sehingga perusahaan dapat memegang kendali penuh terhadap servernya, karena dikembangkan berdasarkan component base. Sehingga memungkinkan produk ini bisa digabungkan menjadi server yang lebih besar. Server ini juga mendukung semua sistem operasi seperti: Novell dan Linux. Dari sisi keamanan, pengurangan server footprint dan potential attack surface yaitu dengan instalasi pilihan server core dan ongoing health monitoring akan mengurangi kebocoran keamanan, sekaligus mengurangi biaya perawatan.Fitur baru dibidang file server, karena adanya fasilitas sharing dan storage management snap-in, sehingga pengguna lebih mudah dalam mengatur voume dan sharing  

Sedikit tentang TS Web AccessSaya perlu tuliskan, karena dari semula masalah TS Web Access ini lah yang menjadi perhatian saya. TS Web Access berfungsi untuk menjalankan aplikasi baik yang ada di server maupun di komputer lain dalam jaringan. Berbeda dengan Remote Desktop maupun Terminal Service, TS Web Access berjalan di atas browser.Cara install dan menjalankan aplikasi ini, akan saya buat pada postingan mendatang. 

Diskusi

2 thoughts on “Server Wave 2008 Grand Launch

  1. Berbeda dengan Remote Desktop maupun Terminal Service, TS Web Access berjalan di atas browser.

    hmm wah menari nih..sy jad ingin tau batasannya sampe mana…apakah lebih baik dari tehnik remote desktop biasa atau cuma nama baru aja🙂 apa ini bisa dibilang inovasi melawan kedigdayaan apache ?

    Bisa jadi begitu …

    Posted by uwiuw | April 19, 2008, 5:39 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Ladung | The Blog » Blog Archive » [Narsis dan Narsisisme] - Mei 3, 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d blogger menyukai ini: