//
you're reading...
Hardware

Perkembangan Teknologi Data Center

Saya ingin share sedikit, pencerahan dari hasil mengikuti Storage Day 2008 beberapa waktu yang lalu (12/3), khususnya mengenai Data Center. Dalam white paper-nya, Cisco menjelaskan bahwa Data Center didefinisikan sebagai fasilitas penyedia data bagi perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.Sistem penyimpanan data saat ini sudah jauh mengalami peningkatan. Sebelumnya system penyimpanan data masih bersifat tertutup, yaitu hanya menyambungkan sistem penyimpanan data ke server maupun PC secara langsung. Kelemahan dengan model penyimpanan data seperti ini, PC-PC client yang tersebar di dalam sebuah perusahaan akan kesulitan dalam mengakses data tersebut.

Perkembangan selanjutnya adalah dengan sistem Storage Area Network (SAN), yaitu dengan menyambungkan sistem penyimpanan ke jaringan lokal (LAN) melalui perantaraan switch atau router. System ini pun dianggap masih banyak menemui kendala, yaitu dari sisi security, karena seluruh user bisa mengakses data yang ada di media penyimpan. Selain itu juga berpotensi penggandaan data yang tidak efektif.

Data Center, adalah perkembangan lebih lanjut dari system penyimpanan. Data center ini berperan sebagai pusat  penyampaian data dan sumber daya, untuk diolah, diciptakan, dan dielaborasikan satu sama lain. Data center ini pun mengalami perkembangan lagi dengan apa yang disebut Data Center Network, yaitu pengembangan system penyimpanan yang diintegrasikan ke dalam jaringan IP dan kecerdasan.

Ada beberapa vendor yang membuat produk dengan system seperti ini, pada saat presentasi di antaranya adalah Nortel dan Cisco.  Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika data center tersebut di integrasikan ke dalam jaringan, di antaranya adalah data dapat diakses di mana saja, termasuk kantor cabang dengan waktu yang tidak terbatas. Cisco memperkenalkan produk dengan teknologi tersebut dengan nama Cisco Data Center Network Architecture (CDCNA). CDCNA merupakan solusi pengembangan gabungan dari jaringan dasar IP plus kecerdasan tinggi (Intelligent Information). Manfaat dari intelligent information dalam teknologi penyimpanan data adalah: Integrated System, sehingga terhindar dari jaringan yang rumit; Integrated Service, sehingga membuat layanan data menjadi lebih fleksibel, komunikasi antar pegawai dapat berjalan dengan lancar; Integrated Applications, integrasi antara system operasi dengan aplikasi yang mudah diatur.  Kemampuan berjalan di jaringan IP ini, akan menguntungkan perusahaan karena kemampuannya dalam Disaster Recovery, baik yang disebabkan oleh kesalahan manusia maupun alam.

Di kantor sendiri, saat ini masih terbatas menggunakan Storage Area Network dan masih  belum diintegrasikan ke dalam jaringan skala luas (wide area network).

Diskusi

2 thoughts on “Perkembangan Teknologi Data Center

  1. thanks for your sharing🙂

    Posted by fitrisusanti | Januari 29, 2010, 2:40 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,387 hits
Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d blogger menyukai ini: