//
you're reading...
Traveling

Mulih K’Desa, Tempat Makan dan Tidur di Sawah

Mulih K’Desa, jika diterjemahkan, artinya adalah kembali ke Desa. Sebuah nama tempat wisata kuliner dan juga penginapan di daerah Garut. Lokasinya sekitar 1 km sebelum Kampung Sampireun ke arah Taman Wisata Alam, Kawah Kamojang.

 

Sebuah konsep penginapan dan rumah makan dengan setting sawah. Semua makanan yang disajikan di masak dengan cara-cara yang sangat tradisional, gaya kampung, menggunakan tungku dan kayu bakar. Tempat makan pun kita bisa memilih, apakah mau di dapur, di tengah sawah, di atas kolam atau di saung yang di bawahnya ada beberapa ekor kerbau. Disediakan juga beberapa permainan anak-anak ala kampung, dan perangkat keperluan outbound, cukup lengkap.

 

Ketika ke sini, minggu kemarin saya memilih makan di atas sawah, di mana padi-padi di bawahnya sudah mulai menguning, siap untuk di panen. Beberapa jenis makanan saya pesan kepada waitress yang ramah dengan pakaian kebaya khas kampung, seperti bajigur, nasi timbel merah, ayam bakar, nasi pencok. Harga nya tidak terlalu mahal, namanya juga di kampung, seharusnya memang tidak boleh mahal. Sambil menunggu makanan, terdengar alunan musik tradisionalkhas Sunda … wah serasa …

 

Tidak lama kemudian, seorang waitress mengantar sebuah ceret berisi air teh,  piring kaleng (ompreng) dan mug yang juga terbuat dari kaleng lengkap dengan tambalan-tambalan di bawahnya. Wah … benar-benar di kampung banget! Pengalaman unik. Jadi terkenang  saat masih  kecil dulu, setiap hari mengantarkan makanan bersama nenek untuk seorang kakek yang sedang bekerja di sawah. Sambil makan di sawah dengan membawa ceret dan mug kaleng yang sudah pada bolong dengan tambalannya.

Menyenangkan! Daerah Depok dulu masih banyak sawah yang sangat luas, tetapi sekarang sudah penuh sesak dengan pemukiman dan pabrik-pabrik sehingga sudah tidak ada lagi.

 

Pemilik tempat ini, rupanya menyadari benar, kebutuhan orang-orang yang hidup di saat ini, sudah kehilangan tempat-tempat dan suasana di masa kecil.  Kloplah, jika kita kembali ke Desa, makan dan tidur di sawah, Mulih K’Desa.

Loh koq, kaya iklan ya?  Selesai dari tempat ini kami ke kompleks pemandian air panas di Cipanas, berenang dari sore sampai malam. Ceritanya? nantikan pada postingan selanjutnya.

(Tulisan ini, saya posting juga di http://fieldtrip-harjo.blogspot.com).

Diskusi

3 thoughts on “Mulih K’Desa, Tempat Makan dan Tidur di Sawah

  1. wah , tempatnya enak banget kang
    Insya Allah , kalo ada waktu pas ke sana , mau mampir

    Posted by realylife | April 11, 2008, 1:07 pm
  2. dimana alamatnya “mulih K’desa”…. agar kalau saya kesana tidak nyasar… dan kalau boleh sekalian rate penginapannya..
    makasih oum….

    Posted by rudi | September 25, 2009, 6:22 am
  3. kami pada 5 januari 2010 sempat bermalam di mulih k desa….tempatnya memang sangat nyaman dan asri, cara memasak dengan kayu bakar membuat masakan menjadi lebih enak…. harga weekday 350.000, weekend 425.000. tidak terlalu mahal dibanding dengan keuntungan yang diperoleh. tempat gampang dicari dengan mengikuti spanduk atau baliho yang menunjukkan arah ke penginapan.

    Posted by haryo | Januari 14, 2010, 2:49 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d blogger menyukai ini: