//
you're reading...
Hardware

Server HP ML350 (G4), Susah Loading

Pengalaman selama ini jika menggunakan Server HP ML350 (G4), jika direset (karena sesuatu hal), maka server tersebut tidak akan mampu untuk up lagi. Dengan pesan error, bahwa temperatur prosesor terlalu tinggi, sehingga system operasi network Novell 5.1 selanjutnya tidak bisa proses loading.  Semula hal ini, agak membingungkan saya, karena suhu ruangan ber-AC, sangat dingin. Tetapi anehnya tidak mampu melakukan proses loading. Kalau sudah begini, maka biasanya saya harus tunggu sekitar 1 – 2 jam.  Baru kemudian server saya nyalakan kembali, dan selanjutnya akan normal kembali.

Untuk mengurangi masa down time tersebut, upaya saya selanjutnya adalah dengan membuka penutup casing, dan memasang blower yang langsung ditujukan ke arah prosesor. Selanjutnya ketika server dihidupkan, akan berjalan normal kembali. Ibaratnya seorang petinju yang sedang bertanding, kemudian ada bell istirahat harus dikipasin dulu, baru bertanding lagi.

Padahal server dari merek yang sama, dengan spesifikasi di bawahnya, tidak pernah mengalami permasalahan tersebut. Dengan demikian sejauh ini, ada 2 kekurangan yang tidak mampu diakomodir oleh server HP ML350 (G4) tersebut. Pertama, Novell 5.1 yang tidak mampu dia dukung (harus download versi overlay). Kedua, jika prosesor panas (yang sebetulnya tidak begitu panas), maka proses loading tidak akan mampu berjalan.

Diskusi

2 thoughts on “Server HP ML350 (G4), Susah Loading

  1. overheating? masak sih mas server sekalas ML350 bs kepanasan… hmm,mirror hard disk di novell diaktifkan gak? kalo iya, mgkn dia bkn repair mirror dulu dan ini makan waktu lumayan lama…

    Nah itu lah yang aneh. Mirror tidak diaktifkan. Prosesor pun sebetulnya dalam keadaan tidak panas-panas amat, hanya hangat saja. Tetap dideteksi overheat. Dan ini ada 2 server dengan merek dan jenis yang sama, makanya yang satunya tidak lagi dipakai. Dengan kasus yang sama.

    Posted by alva | April 16, 2008, 7:07 am
  2. kantor saya juga menggunakan tipe ML 350 G5 tapi juga pernah mengalami hal yang sama yaitu tiba2 shut down dan memerlukan waktu cukup lama untuk bisa up kembali, saya juga sudah melakukan open casing n blow dengan fan masalah tetap tidak teratasi…setelah server pindah ruangan yang lebih besar dengan sistem ventilasi serta pendingin yang lebih baik sekarang masalah bisa diatasi

    Posted by edwin | Mei 10, 2013, 1:38 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,387 hits
April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d blogger menyukai ini: