//
you're reading...
katarsis

Repotnya jadi orang IT

 

Saya tahu, sebagian pembaca blog yang mampir di sini, ingin mengetahui kegiatan saya sebagai seorang IT. Kira-kira apa sih kegiatan hariannya?

Hari ini pekerjaan saya cukup banyak, di antaranya yang membuat saya sedikit stres, yaitu adanya complain dari customer ke sebuah departemen, tetapi efeknya ke departemen IT, karena lambatnya dalam memenuhi keperluan mereka.  Menurut saya, sebetulnya  ini bukan sepenuhnya kesalahan departemen saya. Kasus ini adalah kesalahan departemen yang bersangkutan. Salah sendiri, kenapa mereka lambat dalam melayani customer. Hanya karena kebetulan saat itu, PC yang digunakan oleh yang bersangkutan sedang diperbaiki. Jadilah mereka mengkambinghitamkan IT karena kelambatan tersebut. Padahal menurut saya ada PC  lain yang seharusnya bisa mereka pergunakan. Untuk apa ada jaringan jika pekerjaan mereka tergantung pada PC yang sedang rusak? Beruntung dalam hal ini, Pimpinan saya tidak terlalu mempersalahkan IT. 

Hanya sebagai catatan saja, bahwa kasus-kasus seperti ini sudah sering terjadi, yang diakibatkan oleh kesalahan sendiri. Tetapi karena mereka butuh alasan dan terdesak, akhirnya IT yang jadi sasaran.

Untuk kasus-kasus seperti ini, saya sudah menasehati rekan-rekan di Departemen IT, agar bermain cantik dalam melayani kebutuhan user. Jangan sampai terjebak, oleh karena salah dalam memberi penjelasan, atau salah dalam mengambil tindakan. Sehingga penjelasan kita justru diplintir untuk mencari selam

at pada orang tersebut di depan Pimpinan.

Diskusi

6 thoughts on “Repotnya jadi orang IT

  1. suka dipanggil “Mas IT… Mas IT.. ” ngga laya Kaka saya ? 😆
    lucu aja gitu “P

    Enggak lah ya … biasanya, beberapa orang di kantor saya, pada panggil saya, “Doktor Komputer” 😀
    Ketika mereka ada masalah dengan kehilangan file kemudian berhasil menemukan kembali, dia senengnya minta ampun. Katanya, untung ada “Doktornya”. Padahal cuma masalah file hilang karena terminimise😀
    Apakah perlu seorang Doktor hanya untuk memunculkan file yang terminimise.
    Beneran repotkan???

    Posted by Menik | April 17, 2008, 3:35 pm
    • Betul sekali mas…

      Biasanya seorang IT itu di hargai jika komputernya dalam ke adaan baik dan tidak ada masalah saja tetapi jika komputer itu bermasalah terus & data file hilang entah kemana pas ti IT yang slalu di kambinghitamkan….

      Posted by Robby | April 3, 2012, 3:41 am
  2. betul mas, susah mmg jadi orang IT.. kadang orang IT dibenturkan melayani customer dengan urusan teknis.. padahal dua aktivitas ini perlu penanganan yang berbeda.. tapi mau gak mau memang ini tuntutan di departmen IT, harus paham hubungan dengan manusia juga…😀

    Iya, makanya sekarang harus berevolusi dari IT specialis menjadi IT Versatilist …

    Posted by alva.hendi | April 21, 2008, 2:36 am
  3. kata orang IT, repot jadi orang IT
    kata arsitek, repot jadi arsitek
    kata guru, repot jadi guru
    kata trainer, repot jadi trainer
    kata orang tua, repot jadi orang tua
    kata anak2, repot jadi anak2

    klo gamau susah, jadi apa, no?
    he he😆

    moga kita bisa tetep istiqamah di bidang kita ya, mz…😀

    Betul juga ya. Makanya supaya enggak terlalu repot, perlu diselingi dengan ngeblog …🙂

    Posted by presty larasati | April 21, 2008, 4:09 am
  4. Di tempat saya ada senior yg agak katrok soal komputer. Karena orang-nya tengil dikerjain lah dia sama yunior-nya dengan nge-set brightness layar laptopnya jadi kecil dan bilang kalo laptopnya rusak … (maaf OOT nih)

    Selama masih ada orang katrok, selama itu pula orang IT masih dibutuhkan. Jadi terkadang, orang IT musti bersyukur sama orang katrok pak …😀

    Posted by Oemar Bakrie | April 25, 2008, 10:47 pm
  5. Secara umum IT (desk engineer) kadang dipandang sebagai unit support saja (bukan bagian dari core business-nya), sehingga beberapa perusahaan kadang tidak terlalu memperhatikan unit IT ini baik dalam jumlah SDM yang kadang tidak banyak/tidak cukup, namun harus menghandle jumlah PC/notebook yang jumlahnya hampir mendekati jumlah karyawan.

    Dan yang repotnya,bila ada oknum dept lain yang tidak tahu load unit IT ini, maunya minta cepat/minta diprioritaskan dan sebagainya.

    Kalau saya sih, kl ada masalah dengan notebook saya ya … saya analisa sendiri dan coba lakukan pertolongan pertama dulu dan kl masih mentok …minta advise dari orang IT dan coba saya lakukan sendiri.

    Kl masih belum bisa ya … create/open ticket dan nanti orang IT akan datang atau melakukan remote assistance.

    Posted by jmzach | Mei 3, 2008, 1:23 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d blogger menyukai ini: