//
you're reading...
Hardware

Hank? Mungkin ada masalah dengan heatsink

Beberapa hari yang lalu saya sempat dipusingkan dengan kerusakan PC di salah satu staf di kantor. PC tersebut suka nge-hang. Semula diduga ada masalah dengan mainboard-nya. Sehingga mainboard tersebut harus saya cek di vendornya. Setelah diperbaiki (menurut vendor tersebut) mainboard di pasang kembali, dan digunakan oleh user. Selang beberapa lama, penyakitnya kambuh lagi. Setelah saya  cek ulang, ternyata kerusakan bukan pada mainboard melainkan pada heatsink.  Heatsink???

Biasanya masalah heatsink ini kurang mendapat perhatian jika ada kerusakan pada PC. Karena biasanya yang saya lihat pada pemeriksaan awal adalah jika kipasnya berputar, artinya normal. Rupanya perputaran kipas itulah yang tidak saya perhatikan. Padahal peranan heatsink sangatlah vital dalam menghalau panas yang terjadi saat prosesor sedang bekerja pada sebuah PC.

Dulu, seingat saya bentuk heatsink sangatlah sederhana. Dan jarang sekali timbul masalah.  Mungkin karena, menyesuaikan diri dengan perilaku orang dalam berkomputer. Kerja prosesorpun semakin berat, sehingga dibutuhkan heatsink yang sesuai dengan type prosesor.

Heatsink atau cooling device processor yang saat ini beredar di pasaran sangat beragam dengan bentuk yang unik. Harganya ketika dicek  ternyata cukup mahal, beberapa merek yang beredar di pasaran yang sempat saya intip di PC Media, di antaranya: Asus Silent Knight (Asus Indonesia) seharga US$ 60; Scythe Mine Cooler (Techno Solution) seharga US$ 49; Noctua NH-U12P (Fox Hound) seharga US$ 62.  Aneh!!! Harga heatsing koq hampir sama dengan harga sebuah mainboard?

Uji test dan rekomendasi yang dilakukan oleh PC Media, tidak ada yang saya pilih.  Saya lebih memilih yang murah meriah saja, seharga US$ 3 saja. Yaitu merek Oxygen Cooling Fan.  Saya masih tidak tahu apakah bagus atau tidak, kita lihat saja nanti. Pasti akan saya tulis.

Diskusi

6 thoughts on “Hank? Mungkin ada masalah dengan heatsink

  1. hohoho bener bener teknisi handal.kalau terjadi pd sy, tanggapannya bakal beda. Telp toko komputer nanya berapa biayanya, buka dompet, dan mulai berdoa🙂

    Pada kasus pertama, sebetulnya rekan saya yang mengerjakan. Begitu gagal, saya cuma tinggal nerusin dan tinggal kasih kesimpulan saja …😀

    Posted by uwiuw | April 26, 2008, 9:05 am
  2. HHHmmm …
    Ini kayak exhaust Fan ya Kak …
    Kompi kalo kepanasan suka ngambek …
    perlu di kipasin …

    Mahal juga ya …

    Posted by nh18 | April 28, 2008, 6:09 am
  3. betul juga nih,, dulu kompi saya pernah mati mendadak,, ga mau nyala.. tapi klo dah agak lama (dingin), baru mo nyala lagi.. tapi setelah ganti heatsink, problem solved.. processor jd lebih adem,,:mrgreen:

    Posted by EL | November 3, 2008, 11:16 pm
  4. apa NB q jg karena nie yak..

    binun neh.. dari kemarin suka na nge HaNk..
    tiba” ga bisa ngapa”in..solusi smentara cabut baterai deh dengan terpaksa..
    d bilang k panasan,, kipas na hidup dan kadang pake cool pad.. main board na sedang d periksa..

    so cara ngedetect tu karena heatsink gmn yak???

    makasih yak.. semoga ke depan NB na sembuh..

    thanks atas solusi na.. semoga dapat membantu yak..

    Posted by iMaH | November 7, 2008, 9:17 am
  5. Menurut Gw sih ….
    Cb cek di biosnya klo nggak salah
    “CPU fan control ” di Disable
    Trus Di Windows nya instal Speed Fan
    Tinggal Naikan aja speed nya ke 100%
    dijamin ampuh…

    Posted by IrYa Xp | Januari 22, 2009, 3:11 am
  6. heatsinknya terlalu berisik dan bekerja berlebihan kira2 knapae yo mass???
    powersupply udh diganti tapi ga bisa jg… piye iki tohh mass????

    Posted by kania ayu putri | Juli 9, 2012, 6:49 am

Tinggalkan Balasan

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
