//
you're reading...
Software

Razia software di notebook? Cuekin aja!

Beberapa waktu lalu, saya sempat menerima e-mail dari seorang kawan,  terkait dengan pemeriksaan lisensi software pada notebook yang mereka gunakan di bandara Soekarno Hatta, seperti berikut ini:

***

Subyek: Pemeriksaan lisensi software di bandara Soekarno Hatta

Dear all,
Hari Kamis tgl 29 Mei 2008 di bandara Soekarno Hatta telah dilakukan
pemeriksaan terhadap para calon penumpang yang membawa komputer. Kepada
mereka yang komputernya terinstallasi software-software tidak berlisensi, dilakukan sidang di tempat dan dikenakan denda sebesar Rp 9.500.000,- perkomputer. Selanjutnya komputer ditahan dan harus ditebus di polres yang telah ditentukan.

Menurut info yang didapat, pemeriksaan komputer ini telah dilakukan selama
seminggu oleh aparat kepolisian beserta tim HAKI dibandara, cafe-cafe dan
tempat umum lainnya. Kejadian ini disaksikan langsung oleh pak Rahmat Saptadirdja (Xsis) dan pak Bima Kurniawan (Anabatic) yang akan melakukan perjalanan melalui bandara Soekarno Hatta. Kepada rekan-rekan yang menggunakan komputer notebook, harap berhati-hati dalam menggunakan komputernya di tempat umum dan segera melegalisir software-software yang digunakan atau menghapus software yang tidak legal.
Regards

*** 

Terkait dengan kasus di atas, saya ingin menyampaikan, sebagaimana penjelasan dari Representative BSA sendiri yang diungkapkan oleh Donny Sheyoputra di Majalah Info Komputer edisi Juli 2008, bahwa sejauh ini belum ada preseden penyisiran ke pengguna perorangan seperti itu.  Jadi, jikalau ada pemeriksaan-pemeriksaan seperti itu, tidak ada landasan hukumnya, apalagi sidang dan denda di tempat.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, sampai saat ini pemeriksaan masih berkisar pada perusahaan-perusahaan. Pemeriksaan software tersebut apakah legal atau tidak, akan memerlukan waktu berhari-hari. Sehingga tentu hal yang tidak memungkinkan jika harus sidang dan denda di tempat.  Sedangkan untuk penyisiran di kantor-kantor pun ada prosedurnya, berikut ini informasi  yang saya kutip dan sarikan dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Diawali dengan survey oleh pihak yang berkepentingan (Misal: Microsoft), tetapi sifatnya bukan merazia apalagi harus menyita. Untuk hal ini kita bisa minta surat perintah kerja (SPK), untuk informasi detail kita bisa melakukan crosscek ke pihak yang berkepentingan, seperti Microsoft Indonesia.
  2. Apabila setelah di survey ternyata ada kedapatan menggunakan software bajakan, kita disodorkan 2 pilihan, apakah akan tetap menggunakan Microsoft ataukah beralih ke opensource.  Apabila kita setuju untuk tetap menggunakan software Microsoft, maka mereka akan memberikan surat penawaran. Sebagai penutup atas tindakan kesalahan yang dilakukan.
  3. Surveyor akan mendatangi perusahaan itu kembali, untuk melakukan pengecekan dan memastikan kembali atas pernyataan yang sebelumnya  dibuat. Apabila masih kedapatan pelanggaran, maka pihak Microsoft akan memperkarakannya secara hukum.

 

Lalu, bagaimana dengan  system operasi dan aplikasi yang digunakan di kantor saya? Saat ini sebagian besar (70%) workstation di kantor saya sudah beralih ke OpenSuse 10.1 dan SuseLinux 9.3. Sisanya masih menggunakan Windows XP original. Alasan masih menggunakan Windows XP ini, karena ada beberapa program yang memang hanya bisa berjalan jika menggunakan system operasi tersebut, khususnya program-program yang berasal dari owner di luar negeri.  Sedangkan untuk system operasi jaringan yang saya gunakan adalah masih Novell NetWare 5.0 dan 5.1

 

Sedangkan untuk aplikasi office, 90 % workstation di kantor saya menggunakan OpenOffice.org 2.0  hanya 10 %  saja masih menggunakan Microsoft Office yang original. Sejauh ini kantor saya, belum pernah di survey …

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: