//
you're reading...
Notebook

Pilah pilih Laptop, hasilnya tidak ada!

Beberapa hari yang lalu saya ditugaskan oleh salah seorang direktur untuk mencarikan notebook yang cocok dan sesuai untuk keperluannya. Notebook sebelumnya, Acer Ferari 3000 rusak dan setelah dibawa ke service centre Acer di Mangga Dua Square ternyata tidak bisa diperbaiki lagi. Padahal notebook tersebut baru saja habis masa garansinya, cuma lebih 2 bulan, dan langsung rusak. Parahnya, service centernya pun tidak bisa memperbaiki. Beruntung mereka menyediakan fasilitas trade in dengan notebook baru lainnya, dengan menambah sejumlah uang.

Kebetulan Direktur saya tidak begitu suka, sehingga harus tetap membeli baru. Untuk itu dengan menggunakan panduan sebuah majalah Mobile Multimedia  edisi Juni 2008, saya memulai melakukan pencarian. 

Saya mencoba membagi notebook dengan beberapa kriteria, di antaranya:

Harga, saat ini harga notebook sangat bervariasi, mulai dari harga 3 jutaan hingga di atas 20 jutaan, pun tersedia.

Kisaran harga 3 – 5 jutaan, sebagai berikut:

  • Asus EEE PC 4G Surf   (Rp 4.430.000,-)
  • Axio Neon TVRO56CNW  (Rp  4.399.000,-)
  • ECSV7  (Rp 4.265.000,-)
  • Quantel E10  (Rp 4.675.000,-) 
  • Zyrex Anoa 212  (Rp 3.200.000,-)

Kisaran harga 5 – 10 jutaan, sebagai berikut:

  • Dell Inspiron 1420  (US$ 649)
  • HP 2133 mini note (US$ 699)
  • Acer Aspire 4520 (US$ 669)
  • Benq Joybook R43 L.E03 (US$569)
  • Toshiba Satellite L40 (US$ 699)
  • Fujitsu Esprimo U9200 (US$ 979)
  • Dell Vostro 1400 (US$ 895)
  • Lenovo G410 (US$ 789)
  • Acer Aspire 2920 (US$ 889)
  • Sonny Vaio VGN-N325E (US$ 899)

Kisaran harga 10 – 20 jutaan, sebagai berikut:

  • Asus F5VL (US$ 1100)
  • MSI PR200 (US$ 1110)
  • Benq Joybook Q41 (US$ 1109)
  • Lenovo 3000 V200 (US$ 1289)
  • Toshiba Qosmio F45 (US$ 1289)
  • Acer Aspire 5920G (US$ 1489)
  • Asus W5FM (US$ 1255)
  • HP Compaq 2210B  (US$ 1349)
  • Fujitsu Lifebook P1610Z  (US$ 1670)
  • Lenovo IDEAPAD Y510  (US$ 1589)
  • Asus M50SV  (US$ 1669)
  • Toshiba Portege S100 (US$  1699)
  • MSI GX700 (US$ 1835)
  • Dell Latitude ATG D630  (US$ 1859)
  • Lenovo Thinkpad X61  (US$  1779)
  • HP Compaq 2710P  (US$ 1825)

Kisaran harga di atas 20 jutaan:

  • Toshiba Qosmio G30 (US$ 3089)
  • Dell XPS M1730  (US$ 3934)
  • Asus Lamborghini VX2S  (US$  3399)
  • Sonny VAIO VGN-TXN25N (US$ 2299)

Pilihan: Notebook dengan kisaran harga antara 10 – 20 juta, yaitu : Asus F5VL, MSI PR200, Benq Joybook Q41, Lenovo 3000 V200, Toshiba Qosmio F45, Acer Aspire 5920G, Asus W5FM, HP Compaq 2210B, Fujitsu Lifebook P1610Z, Lenovo IDEAPAD Y510, Asus M50SV, Toshiba Portege S100, MSI GX700, Dell Latitude ATG D630, Lenovo Thinkpad X61, dan HP Compaq 2710P.

Ukuran Layar. Selanjutnya adalah masalah ukuran layar, ada beberapa macam ukuran layar di antaranya adalah mulai dari 7″ hingga 17″.

Ukuran layar 8,9″: Fujitsu Lifebook P1610Z 

Ukuran layar 12″:

  • MSI PR200
  • Lenovo 3000 V200
  • Asus W5FM
  • HP Compaq 2210B 
  • Dell Latitude ATG D630
  • HP Compaq 2710P

Ukuran layar 14″:

  • Benq Joybook Q41
  • Toshiba Portege S100
  • Dell Latitude ATG D630

Ukuran layar 15″:

  • Asus F5VL
  • Toshiba Qosmio F45
  • Acer Aspire 5920G
  • Lenovo IDEAPAD Y510
  • Asus M50SV 

Ukuran layar 17″:

  • MSI GX700

Pilihan: Karena kebetulan penglihatannya sudah kurang bagus, sehingga dibutuhkan layar dengan ukuran yang cukup besar, yaitu 15″. Sehingga yang termasuk katagorii ini adalah:  Asus F5VL, Toshiba Qosmio F45,  Acer Aspire 5920G, Lenovo IDEAPAD Y510, dan Asus M50SV.

Dari keempat pilihan tersebut, dikaitkan dengan perbandingan harga, spesifikasi, kinerja, prosesor, chipset, memori, kapasitas harddisk, optik, audio, dan system operasi, akhirnya pilihan jatuh ke  Toshiba Qosmio F45.

Spesifikasi notebook tersebut adalah: OS WIndows Vista Ultimate, Inter Core 2 Duo, T7500 2.2 Ghz, 2 GB DDR2, 15,4 TFT, 250 GB, DVD RW, Wifi, Bluetooth, 3.8 kg.

Ternyata begitu saya cek ke outlet Toshiba di Mangga Dua (lantai 2), diperoleh informasi bahwa type notebook tersebut tidak dijual di Indonesia. Lho???  Wah kurang asem nih majalah …  :-(  Koq mereview notebook yang tidak dijual di Indonesia? Atau outlet Toshiba-nya yang bohong? Bukankah outlet tersebut didukung oleh PT. Aneka Infokom? Perlu dicek sekali lagi.

(Selanjutnya akan saya posting, berdasarkan harga dari brosur yang saya peroleh dari pameran, tunggu saja)

Diskusi

30 thoughts on “Pilah pilih Laptop, hasilnya tidak ada!

  1. CAPE deh… gw bacanya…

    kok geto seh..??

    Iya, saya juga kecewa sama Majalah itu …

    Posted by zoe | Juli 9, 2008, 8:44 am
  2. uhhhh idem zoe… cape deeehhhhh…
    aku sudah mengharapkan ada jawabannya😦
    ga seru tu majalah…

    Sudah cape-cape nelusuri … akhirnya …

    Posted by mysepty | Juli 9, 2008, 12:22 pm
  3. Halah… udah meriset sekian lama, produknya ga ada…
    *idem zoe & mysepty* Cabe degh!
    Tapi jangan kecewa mas, mendingan kecewe aja! 😆

    Loh, apa hubungannya …😀

    Posted by ipk4cumlaude | Juli 9, 2008, 1:16 pm
  4. ehm…koq merk laptopku gak ada ya,.

    A*Note

    hehehe…

    Kebetulan aja di majalah itu, tidak tercantum Mas …

    Posted by herdianto | Juli 9, 2008, 3:06 pm
  5. wah ndak valid majalahnya atau toko indonesia masih kurang gaul?😀
    hehehe

    Ada 2 kemungkinan Mas, bisa jadi distributornya memberikan notebook yang sengaja tidak dijual di Indonesia untuk direview oleh majalah tersebut, sebagai strategi dagang.
    Kemungkinan kedua, si majalahnya yang memang tidak cek dan ricek mana produk yang ada di pasaran dan mana yang tidak ada di pasaran.

    Posted by aRuL | Juli 9, 2008, 3:55 pm
  6. sy juga baru tadi diminta nyariin laptop…sekitar sepuluh jutaan..dan kebetulan ada posting ini…hehehmakasih yah lumayan jadi referensi

    Syukur dech kalau memang informasi ini bermanfaat …

    Posted by uwiuw | Juli 9, 2008, 8:13 pm
  7. ambil toshiba satellite A215 aja😉

    Memang bagus ya?

    Posted by okta sihotang | Juli 10, 2008, 1:03 am
  8. hehehee…. cape deeee🙂
    ya udah boz, sabar aja… ga pa2, sekalian jalan2.
    Emang kadang2 kesel juga sih, klo ngebaca suatu ulasan, terus nyari barangnya, eeeeh, ga taunya ga ada T_T

    Salam semangat…! ^_^

    Iya, besok paling saya cari-cari lagi he h ehe…

    Posted by dhedhi | Juli 10, 2008, 3:09 am
  9. Saya paling mudah…tinggal telepon adik, terus dia tanya sepeti apa kualifikasi yang diinginkan, dia menghubungi langganannya di Mangga dua (langganan orang-orang BPPT)…transfer uangnya…barangnya tiba dirumah. Lha daripada bingung…..ntar dikasih tahu macam-macam malah pusing….

    Iya bener he he he… masalahnya saya ini orang IT yang ditugaskan mencari laptop terbaik untuk bos …

    Posted by edratna | Juli 10, 2008, 5:50 am
  10. Hehe .. terpaksa dech mencari alternatif yang lain ya Mas .. ato mengimpor langsung dari luar?

    Btw, trims banyak sharing info dan harga laptop Mas, akan sangat bermanfaat.
    Salam,

    -Bandung.

    Mengimpor langsung? enggak dech … kalau ada kerusakan nantinya distributor lokal gk mau service …

    Posted by Yoanes Bandung | Juli 10, 2008, 7:25 am
  11. ah, saya udah terlanjur beli laptop nih.. tau gitu kan bisa banyak pertimbangan… (padahal duitnya ya segitu-gitu aja, lu mau nimbang apaan lagi Lala… hehehe)

    Kalau sudah beli ya … gk usah dipertimbangkan lagi … yang ada nanti malah menyesal, kenapa enggak beli yang ini atau yang itu …😀

    Posted by jeunglala | Juli 10, 2008, 9:19 am
  12. Kapan ya saya punya😀

    Kunjungi dan tulis prediksi sobat di:
    http://achoey.wordpress.com/2008/07/10/prediksi-lima-besar-partai-pemenang-pemilu-2009/
    Hatur nuhun🙂

    He he he… masa sih …

    Posted by achoey sang khilaf | Juli 10, 2008, 9:45 am
  13. karena duitnya masih kurang , jadi saya belum beli laptopnya , mau ngumpulin duit dulu pak

    Iya, ngumpulin buat kawin dulu aja …😀

    Posted by realylife | Juli 10, 2008, 10:53 am
  14. ASUS eee 4G surf 3juta kurang goban, gak percaya? liht blog saya…

    Iya sepertinya memang harganya gk update …

    Posted by kishandono | Juli 10, 2008, 11:14 am
  15. soal laptop saya ya pengin cekali …..kapan saya bisa punya …..ya…

    Matur nuwun mas sampun mampir…….

    Sama-sama mas, terima kasih juga, sudah mampir ke blog saya …

    Posted by doelsoehono | Juli 10, 2008, 12:46 pm
  16. Masak direktur dikasih eeePC sih ? BTW saya agak kecewa dengan Fujitsu Lifebook P1610 yg touchscreen kursornya suka loncat-loncat sendiri …

    He … he … he … direkturnya agak kapok beli yang mahal-mahal Pak, soalnya notebook yang sebelumnya ini, harganya 20 juta-an tetapi hanya bertahan dalam 1 tahun + 2 bulan saja.

    Posted by Oemar Bakrie | Juli 10, 2008, 5:27 pm
  17. Pak, buat Direktur mah cocok deh pake Dell, atau IBM (Lenovo Thinkpad). Kalo beliau gak mau dikasih Thinkpad, buat saya aja😀

    Dia maunya layar besar (karena matanya sudah agak minus, kaya saya), keyboard nya juga besar (karena jarinya besar-besar he he he…), makanya pilihan Qosmio sebetulnya cocok, cuma ya itu tidak ada barang …😦

    Posted by gajahkurus | Juli 11, 2008, 7:03 am
  18. kasih aja yg laptop EEE pak.😀 biar bisa wat beliin istri ma anak2nya juga. siapa tau ente juga kebagian

    Sampeyan bisa aja, he he he…

    Posted by adi | Juli 11, 2008, 11:14 am
  19. kenapa gak mac ajah?

    Soalnya di kantor saya paka “aliran” non Mac …😀 tetapi mungkin dikemudian hari bisa dipertimbangkan …

    Posted by yoki | Juli 11, 2008, 9:59 pm
  20. wah….
    kita yang baca aja cape……

    apalagi anda yang udah nge-list n cari2………
    dan akhirnya g kecari yg dicari yah……

    wah super cape pastinya

    Iya he he …

    Posted by obaji | Agustus 1, 2008, 7:40 am
  21. pa aku mau beli laptop yang ada di iklan ini tp di mana ya pa???

    Sampai hari ini (5 Agustus 2008), urungkan niat anda untuk membeli laptop dulu, karena saat ini banyak laptop yang tertahan di pelabuhan.

    Posted by imanuel lilihatta | Agustus 2, 2008, 3:49 pm
  22. kalo hp 2210b itu durabilitasny GMN ya? and kalo udah dipake 8 bulan kalo beli bekas harga berapa ya?

    Posted by RUDY | Agustus 3, 2008, 4:52 am
  23. saya punya budget sekitar 6 jutaan.saya seorang karyawan yang gak jarang bawa kerjaan kantor ke rumah. Laptop yang saya inginkan yg punya fasilitas WIFI, Bluetooth, dapat menyimpan file yang banyak, tahan banting, dan punya webcam (tidak mutlak). Laptop apa yang cocok sesuai dngn budget dan selera saya ya? Apakah laptop tsb sdh ready, alias siap digunakan atau saya harus beli MS Office lagi? Jika iya kira2 harganya brp ya?
    thanks

    Posted by frinsen | Agustus 20, 2008, 9:32 am
  24. sama kasusnya kita… pilihan saya jatuh pada Acer 2920 … eh ga ada juga..

    pilihan kedua jatuh ke 4720G ga ada juga

    ala… kok dealer di mangga 2 ga punya stock pie se

    Posted by Saiful Adi | Agustus 29, 2008, 4:10 am
  25. Makasih ya atas informasinya…lumayan buat referensi

    Posted by dedy | September 14, 2008, 2:15 pm
  26. Kalo informasi bahwa toshiba qosmio tidak dijual di Indonesia, itu jelas tokonya yang memberikan info tidak benar…, lha wong saya sari tahun lalu sudah beli note book Toshiba Qosmio F45 seri A411 di ambassador kuningan (garansi toshiba). Kalo performance memang oke…buat kerja dan entertainment karena audionya sendiri didukung dengan harman/kardon.

    Posted by delly | November 3, 2008, 4:27 am
  27. I Wanted To say Thanks Guys

    Posted by christmas songs silent night | November 30, 2008, 4:08 am
  28. modep apa sih yang cocok untuk acer aspire 4250….. Trim’s.

    Posted by alfin styawan | Januari 9, 2012, 9:37 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Harga laptop di bawah Rp 5 Jutaan « Hari Jonathan’s Blog - Juli 11, 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: