//
you're reading...
Uncategorized

Sadap

Soal sadap menyadap dalam upaya pemberantasan kasus korupsi, sepertinya saat ini sudah mulai marak. Beberapa “korban” penyadapan sudah mulai disidangkan, yang membuatnya tidak bisa lagi mengelak, ketika bukti pembicaraan itu diperdengarkan di dalam sidang. Beberapa pejabat lain baik di pusat maupun di daerah yang saat ini sudah terlanjur melakukan “transaksi” lewat telepon genggam, saat ini benar-benar sudah tidak bisa lagi tidur nyenyak, tinggal menunggu waktunya saja untuk diungkapbukakan. Dan bagi sebagian lagi yang belum sempat, saat ini sudah harus waspada dan berhati-hati.

Lepas dari masalah kasus-kasus korupsi yang melibatkan beberapa elit politik di atas, tanggal 3 Juli 2008 yang lalu, saya mendapatkan penawaran harga dari sebuah penyalur perusahaan selular di Surabaya, yaitu sebuah alat yang disebut dengan GSM Protech.

Dengan perangkat teknologi ini, diharapkan akan memudahkan dan mengeliminir kemungkinan-kemungkinan terjadinya: perselingkuhan, memonitor perkembangan anak, mengungkap karyawan yang tidak jujur, pencurian HP, dan juga pembuktian pada kasus-kasus korupsi.

Dalam brosurnya, GSM Protech ini terdiri dari 3 paket modul, yang terdiri dari:

  • SMS, di mana dengan menggunakan HP yang kita miliki dapat mengetahui isi SMS baik yang masuk maupun keluar dari HP target, dengan tanpa diketahui oleh HP target.
  • Voice, di mana HP yang kita gunakan dapat mendengar pembicaraan di sekitar lingkungan HP target.
  • Track, di mana dari HP yang kita miliki dapat melacak keberadaan HP target di seluruh dunia.
  • 007, di mana dari HP yang kita miliki dapat mendengarkan percakapan HP target dengan lawan bicaranya secara langsung, tanpa diketahui oleh HP target.
  • Dead, dimana HP yang kita miliki dapat mendengarkan pembicaraan di sekeliling HP target, walaupun kondisi HP target sedang dimatikan.

Ketika saya konfirmasi harga nya ke perusahaan tersebut dalam sebuah e-mail tanggal 15 Juli 2008, diperoleh jawaban, bahwa harganya untuk SMS Rp 4.000.000,- jika sekaligus semuanya adalah Rp 15.000.000,-.

Keberadaan teknologi ini, di satu sisi akan mengurangi upaya-upaya dari orang yang mau berbuat jahat, tetapi di sisi lain privasi menjadi terganggu. Bagaimana menurut Anda?

Diskusi

12 thoughts on “Sadap

  1. Beneran nih ada barang kayak gituan?
    Ga setuju kalo dijual bebas ke khalayak. Tapi kalo emang sudah menyebar, nanti juga bakal ada yg mikirin gimana menangkal fitur2 barang itu. Mungkin nanti, semua ponsel bakal hadir dengan fitur anti penyadapan. Manusia akan terus berfikir…!

    Sudah ada koq mas. Memangnya HP target siapa yang mau diincer he he he…

    Posted by Mang Kumlod | Juli 17, 2008, 4:14 pm
  2. sy pernah denger alat itu dipake ama ibu ibu dihongkong. mereka membekali anak mereka dengan hp semacam itu. Kalau ngak salah, latar belakangnya lagi rawan penculikan

    Kalau di sini latar belakangnya: rawan korupsi dan rawan perselingkuhan

    Posted by uwiuw | Juli 17, 2008, 5:03 pm
  3. sial buat artalita kena perangkap sadap lagi… di penjara…

    Lebih tepat kalau dibilang “once” he he he… Keledai aja gk mau jatuh ke lubang yang sama.

    Posted by aRuL | Juli 17, 2008, 8:16 pm
  4. @mang Kumlod: Hehehe.. Kalau dijual bebas di pasaran, nanti di HP ada feature anti sadap, terus keluar lawannya, namanya Anti anti sadap.. perusahaan ponsel bikin lagi feature ANTI Anti anti sadap..
    Yang aman pake telepati aja.. bicara dari hati ke hati.. belum ada alat sadapnya tuh..
    :))

    Posted by Iwan Sulistyawan | Juli 18, 2008, 2:34 am
  5. wah… bisa gw ksh ni info ke temen gw dibagian humas DPR… wekekeke… gud infi bro…

    Iya mudah-mudahan akan mengurangi quantity korupsi.

    Posted by masenchipz | Juli 18, 2008, 3:01 am
  6. kalau HP saya disadap, isinya ga penting semua..
    mmm… ehh.. eh… kalau sms-sms mesum sama pacar, bahaya juga ya kalau disadap..😀

    Lagian SMS koq isinya mesum, gk penting banget😀

    Posted by Lala | Juli 18, 2008, 5:01 am
  7. wah mahal yah…

    klo ada teknologi untuk melakukan itu semua, penyadapan dan segala macamnya. berarti ada kebalikannya

    dan utk itu, Koruptor pasti berani bayar lebih mahal

    Ada teori juga yang mengatakan, bahwa tidak ada kejahatan yang sempurna.

    Posted by herdianto | Juli 18, 2008, 6:29 am
  8. mahal banget ya…padahal saya tertarik (untuk usil tentunya)

    saya punya software bluetooth hack Pak..
    Lumayan bisa utk usil-usil nglihat isi hape orang, tapi yang ada bluetoothnya tentu..

    Wah boleh dikirimin donk, japri ya …

    Posted by Zulfi | Juli 18, 2008, 9:54 am
  9. wuah asyik juga tuh gadget-nya james bond, ntar lama-lama selain sadap bisa juga sedot pulsa hp orang … hahaha …

    Wah kalau itu mah, sekarang juga bisa, tetapi musti kerjasama dengan operatornya😀

    Posted by Oemar Bakrie | Juli 18, 2008, 12:52 pm
  10. sebuah piranti teknologi yang menarik, mas jon. ternyata ndak semua produk teknologi itu menggambarkan keserakahan dan sikap kapitalistis😆 banyak juga manfaatnya utk kepentingan umat manusia.

    Menurut saya, bagaikan pedang bermata dua. Di satu sisi akan mengurangi kejahatan, tetapi disisi lain membuat kita menjadi kehilangan privacy. Bahkan jadi serem jadinya.

    Posted by Sawali Tuhusetya | Juli 19, 2008, 8:44 pm
  11. Dijual online di toko mas dong😛

    Enggak ah, sudah kebanyakan kang.

    Posted by Rayyan Sugangga | Juli 22, 2008, 11:55 pm
  12. Punya semestainformatika lebih murah bro. Dan komplit lagi. Untuk sadap SMS + tlp + lokasi hanya 3,5 jt. Kalo g percaya, silahkan lihat di websitenya http://www.semestainformatika.com

    Posted by BlackApril | November 4, 2008, 12:10 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,387 hits
Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: