//
you're reading...
Bisnis

Transaksi online perdana

Kemarin, tanggal 17 Juli 2008 adalah kali pertama adanya transaksi di toko online saya, sejak diluncurkannya awal Juli lalu. Selama ini memang masih belum ada pengalaman bagaimana cara menghadapi pengunjung yang menanyakan segala sesuatu mengenai suatu produk tertentu.  Beberapa kendala yang masih dihadapi dalam berdagang secara online adalah, masalah kepercayaan.

Tentu, dengan total transaksi senilai Rp 15.200.000,- , mana ada orang yang berani mentransferkan uangnya lebih dulu, sebelum barangnya mereka terima :D .Tetapi akhirnya kami berhasil meyakinkan pembeli sehingga terjadilah transaksi. Sebuah langkah awal yang seharusnya dapat menjadi pemicu untuk tetap semangat membuka toko online.

Kebanyakan pembeli nampaknya memang masih belum terbiasa untuk bertransaksi secara online, sehingga keberadaan toko offline rupanya masih tetap  diperlukan (hanya sekedar untuk meyakinkan pembeli). Padahal saya menutup toko offline, karena ingin membuka secara online.

Penjualan secara offline tentu akan lebih mahal karena, banyak biaya yang akan dibebankan kepada produk yang akan dijual. Sedangkan dengan toko online tentu biaya-biaya sewa tempat, biaya kebersihan, biaya keamanan, biaya listrik, dsb tidak ada. Sehingga harga barang menjadi jauh lebih murah.

Siapa blogger lain akan menyusul?

Diskusi

5 thoughts on “Transaksi online perdana

  1. Selamat Pak ! Kalau boleh tahu produk-nya apa ?Nilai transaksi besar juga tuh, berarti keuntungannya juga besar dong … he he he. Sukses terus Pak ! nanti bagi-bagi ilmu bisnis-nya.

    Gk jauh dari teknologi informasi Pak. Kalau sudah sukses, nanti saya akan share …

    Posted by Oemar Bakrie | Juli 19, 2008, 12:33 pm
  2. toko online’nya alamate apa mas, saya juga lagi pengen buat online store cuman masih searching2 desain yg baik. bingung juga mo pake wordpress atau joomla😀. mungkin ada advice mas..

    Alamatnya masih rahasia mas. Saya masih mempertimbangkan, apakah etis menggabungkan antara keperluang blog dengan kepentingan bisnis. Seharusnya sih, pake Joomla, tetapi tergantung jenis usahanya.

    Posted by wantop | Juli 21, 2008, 6:42 am
  3. masih jarang ya toko online di sana, kemarin2 mau beli lampu infra merah, tapi kok nggak yankin sama toko onlinenya, saudara yg di sana juga blom pernah punya pengalaman beli online.
    kalau di sini sih biasa🙂

    Budaya di sini masih harus ketemu dulu baru percaya.

    Posted by Elys Welt | Juli 21, 2008, 8:03 pm
  4. Kalau melihat kecendungan posting-posting terakhir kayaknya saya bisa menebak nih … tuing ting … (*sok tahu mode on*)

    He he he …

    Posted by Oemar Bakrie | Juli 22, 2008, 10:44 am
  5. saya selalu menggunakan toko online. Kalau bisa beli gado-gado juga mau…tapi kalau di Indonesia agak khawatir dengan security dan apakah uang kita tidak akan menguap begitu saja. Untuk yang murah sih gpp, kalau mahal seperti beli komputer agak ragu. Kalau di Jepang sih belanja online sudah biasa, dan tidak usah disangsikan lagi.
    Amazon.co.jp bahkan memberikan kemudahan jika berlangganan ongkos kirim semuanya gratis meskipun tidak mencapai harga minimum 1500 yen. Ada juga produk tertentu yang bisa dikirim hari itu juga. Mereka kerja sama dengan perusahaan delivery Kuroneko Yamato. And harga di toko online lebih murah deh…. Andai bisa dijamin securitynya toko online bakal sukses, daripada berkeringat macet-macetan kan.

    Budaya di Indonesia, sepertinya memang belum waktunya Mbak. Masih banyak faktor lain, seperti: untuk membeli sikat gigi atau odol saja, kaya nya masih lebih nyaman jika kita pergi sendiri ke hipermarket, sekalian cuci mata …😀

    Posted by Ikkyu_san | Juli 24, 2008, 11:54 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: