//
you're reading...
Uncategorized

Begadang, perbaiki server di pelabuhan

Pagi ini, pukul 04.45 wib, sejak semalam saya dan seorang staf saya belum tidur, karena perbaiki salah satu server di Pelabuhan Tanjung Priok yang kebetulan sedang bermasalah. Sambil tunggu install Novell NetWare di sebuah server rakitan selesai, saya sempatkan diri untuk nge-blog dulu sebentar.  

Pada kasus kerusakan server, biasanya saya selalu mendelegasikan pekerjaan tersebut ke staf saya, tetapi untuk kali ini saya coba lakukan sendiri. Saya menerima laporan kerusakan kemarin pagi, sekitar pukul 09.00 wib. Dan baru ke TKP melakukan pengecekan pada pkl 13.00 wib.

Mulai saat ini menyangkut masalah kerusakan server saya harus lakukan perbaikan sendiri. Ini penting, jangan sampai anak buah nantinya bisa lebih pintar dari atasannya😀

Adapun pesan error ketika dicek adalah: Boot failure system halted.

Pengalaman, biasanya kasus-kasus ini disebabkan oleh kerusakan harddisk. Dan ternyata benar saja, harddisknya tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Akhirnya terpaksa kami mengganti harddisk tersebut. Setelah dilakukan penggantian ternyata server masih bermasalah terus.

Sudah menjadi kebiasaan memang, setiap kali instal server dengan menggunakan Novell NetWare memang selalu begitu. Installasinya mudah, tetapi asistensinya ini justru yang seringkali bermasalah. Ada saja masalah yang timbul, mulai dari perangkat hardware yang seringkali tidak disupport oleh vendor lain.  Sehingga seringkali dalam melakukan instalasi server berbasis Novell memang seringkali menyita waktu, karena urusan ketidaksupportan tersebut.

Dan akhirnya,  instalasi pun selesai, sekarang tinggal melakukan create user dan setting trustee dan rightnya dulu. Mudah-mudahan instalasi yang sudah ketiga kali ini  tidak timbul asalah lagi.

Diskusi

3 thoughts on “Begadang, perbaiki server di pelabuhan

  1. Wah, seneng dong punya atasan yg makin pinter begitu.

    Terkadang kita memang perlu turun ke bawah mas …

    Posted by apiqquantum | Juli 25, 2008, 9:53 am
  2. Masalah biasanya tidak datang ‘sendirian’ alias bawa temen … he he he. Mudah2an sgera bisa selesai masalahnya. BTW, kalau masih sempat nge-blog, it’s a good sign …

    Betul pak, temannya malah bukan sedikit, tetapi segambreng … akhirnya selesainya benar-benar keesokan harinya, pkl 19.00 wib.

    Posted by Oemar Bakrie | Juli 25, 2008, 2:23 pm
  3. hati-hati lho kalo begadang hehehehe… tapi biasanya paling enak ngatasin masalah itu tengah malem ato pagi buta saat orang2 terlelap wekekeke

    Iya, bisa lebih konsentrasi ya …

    Posted by fenny | Juli 27, 2008, 7:30 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: