//
you're reading...
Uncategorized

Kabarnya, Keuntungan Telkom Turun

Ya, bagaimana mau untung, kalau layanannya tidak bagus begitu.

Sejak tadi pagi, saya sangat sibuk luar biasa, gara-gara ada masalah dengan koneksi internet, khususnya yang melalui jalur Speedy. Sebetulnya koneksi alternatif di kantor saya ada beberapa di antaranya adalah: CBN, Lintas Arta, dan sebentar lagi dari Biznet yang semuanya berlayanan dedicated. Koneksi 3 jalur Speedy  hanyalah tambahan saja untuk beberapa keperluan tertentu.

Koneksi Speedy yang diputus itu,  tanpa ada pemberitahuan lebih dulu dari pihak Telkom, yang disebabkan karena no berlangganan saya  telah diganti oleh Telkom. Tentu atas masalah ini beberapa computer seharian tidak bisa koneksi ke internet. Banyak complain dari beberapa user atas masalah ini ke saya. Akhirnya saya melaporkan masalah ini ke 147, tetapi rupanya para operator pada bingung, karena data saya tidak ada di sana. Akhirnya saya laporkan langsung masalah ini ke atasannya langsung, baru kemudian diketahui bahwa no ternyata saya berganti. Walah, kenapa sih diganti?

Diperoleh kabar bahwa, memang pelanggan Telkom Speedy sedang dirapihkan administrasinya. Artinya data-data diatas kertas banyak yang tidak sesuai dengan kondisi fisik di lapangan. Dan mungkin data saya ternyata tidak sesuai, yang akhirnya diputus. Kalau diputus kan tentu ada yang berteriak, kalau jalur itu digunakan. Dan dari terikan saya inilah kemudian baru diketahui bahwa jalur saya ternyata ada pelanggannya. Itu kata orang lapangan, sedangkan menurut bagian operator bahwa sudah ada pemberitahuan dari Telkom sejak tanggal 23 Juli 2008, bahwa akan ada maintenance. Loh, siapa yang menerima? Memangnya kirim betulan?

Apapun alasannya buat saya ini adalah hal yang sangat tidak profesional dalam menangani persoalan yang ada di internal Telkom sendiri. Itu sebabnya saya tidak heran jika Laba Telkom merosot (Kompas, 1 Agustus 2008).  Laba bersih yang sebelumnya Rp 6,62 triliun pada semester I tahun 2007, sekarang menjadi Rp 6,29 triliun. Tetapi kabarnya, penurunan tersebut lebih disebabkan oleh berkurangnya penerimaan Telkom dari jaringan fixed line.

Saat ini komunikasi dibanyak perusahaan sepertinya memang lebih banyak menggunakan aplikasi messenger seperti halnya Skype atau Yahoo atau MSN, sebagaimana di kantor saya. Berbeda dengan sebelumnya, Jika dulu untuk komunikasi dari kantor pusat ke kantor cabang maupun sebaliknya, atau cabang dengan cabang melulu menggunakan komunikasi telepon. Tetapi saat ini benar-benar tidak lagi, bahkan boleh dibilang tinggal tersisa 5 persennya saja. Itupun hanya digunakan oleh Managemen saja.

Kembali kepada persoalan Speedy, semoga Telkom dapat memperbaiki layananya. Jangan sampai dikemudian hari karena layanan yang buruk akan semakin menurunkan keuntungan Telkom.

Diskusi

10 thoughts on “Kabarnya, Keuntungan Telkom Turun

  1. Saat ini saya memiliki dua fixed line dari Telkom, tapi tidak disambung ke pesawat telepon. Jadi hampir pasti tidak pernah digunakan, daripada menguras kantong.

    Saya membayar abonemen bulanan hanya untuk “duwen-duwen” saja alias sekedar punya nomor fixed line hehe ..

    Loh, jadi buat apaan mas?

    Posted by ybandung | Agustus 2, 2008, 2:50 am
  2. iyah koq speedy rada2 lemot yakz..
    katanya sekarang speedy muahal yah, diskonnya habis😀

    Tanyakan kenapa?

    Posted by aRuL | Agustus 2, 2008, 3:30 am
  3. lhoh itu kalo saya pasti protes keras ituh mas… diputus tanpa pemberitahuan dan keknya kesalahan bukan di kita deh klo kek gitu… kalo saya mah pasti protes keras trus minta tagihannya digratisin😈 huehuehue… ga heran telkom merosot labanya, karena punya pelanggan kek saya😆

    Sudah protes koq. Saran Mbak nanti saya coba praktekan he he he…

    Posted by carra | Agustus 2, 2008, 3:36 am
  4. Tak mutu emang BUMN kita yg satu ini.

    Kabarnya Mang Kumlod ini juga kerja di BUMN ya? he he he…

    Posted by Mang Kumlod | Agustus 2, 2008, 5:35 am
  5. ayo donk BUMN
    harusnya memberikan keuntungan buat Indonesia
    eh buat rakyat Indonesia

    Semoga saja.

    Posted by achoey sang khilaf | Agustus 2, 2008, 10:16 am
  6. hemmm….untung tempetku ga pake speedy😀

    Pake, apaan Mbak?

    Posted by mysepty | Agustus 3, 2008, 5:26 am
  7. Telkom memang manajemen ‘rendah’.

    Cara-cara arogan bisa dilihat untuk M-Kios, pendistribusian berbasis ‘semau gue’, dulu yang mau jual harus perbadingan? (pulsa 20rb:50rb 5:1) dan yang ngejual harus memenuhi target, kalo gak ‘out!’ (belum lagi harga pulsa tinggi & dan waktu aktif yang pendek)

    Pemasaran yang apriori dan menganggap rendah Esia, sewaktu : Talktime > Transfer Pulsa > Transfer waktu > PonSel murah (huawei:nyampe antri) > SMS 1 Rp/ karakter. (komentar Telkom (saya denger langsung):” Satu rupiah perkarakter kan tidak diminati … nah lo)

    Bisa-bisa Telkom akan sulit bersaing (tewas) dengan CDMA+Firstmedia dll

    Cepat atau lambat, jika tidak berbenah, memang bisa tewas he he he…

    Posted by Masm3t | Agustus 3, 2008, 9:23 pm
  8. hahahaa… keuntungan telkom turun..?
    wah,,, bisa jadi sih…

    selama ini keuntungan telkom emang selalu di bawah juniornya (telkomsel)

    wah, BUMN mesti berbenah diri nih… klo ga itu bisa bangkrut (emang bisa gitu…?)

    Kenapa enggak?

    Posted by dhedhi | Agustus 4, 2008, 10:18 am
  9. kayaknya wajarlah turun keuntungan mereka krn mereka ngak profrssional. Tapi berhubung cuma mereka yg punya infrastruktur gede, maka tetep aja mereka yg megang kendali.

    nice info, bro!

    Betul kang.

    Posted by uwiuw | Agustus 5, 2008, 10:50 am
  10. pantesan aku juga mengalami trouble beberapa hari ini.. payah ahhhh.
    tapi karena emang numpang ya apa boleh buat. Dulu pake instant, skr spidi….lumayan juga sih koneksinya, meskipun tidak bisa dibandingkan dengan Jepun

    Iya, biasalah Telkom. Baru kemarin sudah normal kembali tuh Speedynya. Tempo hari sudah baikan, tetapi teleponnya tidak berfungsi. Begitu lapor lagi kemarin melalui 147 gantian Speedynya bermasalah. Tetapi hari ini keduanya sudah normal kembali

    Posted by Ikkyu_san | Agustus 6, 2008, 9:16 pm

Tinggalkan Balasan

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
Agustus 2008
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
