//
you're reading...
Internet

Koneksi internet menggunakan Fiber Optik

Kebetulan saat ini, di sekitar kantor saya sudah dilalui oleh jaringan fiber optik, yang salah satunya diprovide oleh Biznet. Sebetulnya ada beberapa provider lain, tetapi untuk sementara ini saya menggunakan layanan dari perusahaan tersebut.

Sedangkan koneksi wireless yang saat ini masih dilanggani, belum diputus, masih menunggu waktu yang pas agar tidak terjadi tagihan dobel. Apakah jauh lebih baik jika menggunakan fiber optik ketimbang wireless? Seharusnya sih iya, sebab tentu lebih stabil dan tidak ada intervensi dari kondisi cuaca dan pengaruh lingkungan lainnya. Sedangkan dari sisi biaya, kebetulan provider ini jauh lebih murah dibanding 2 provider sebelumnya.  Benarkah memang jauh lebih murah? Iya, tetapi soal kwalitas layanan, terus terang masih meragukan, dari 256 kbps yang dilanggani ketika diukur ternyata hanya diperoleh 240 kbps. Selain itu, jika pada 2 provider sebelumnya saya memperoleh MRTG, tetapi pada provider ini justru tidak. Padahal transparansi dari layanan, salah satunya terletak dari ada tidaknya MRTG. Dengan demikian kita bisa tahu juga, apakah kebutuhan bandwidth kita sudah mencukupi atau belum. Atau jangan-jangan malah kelebihan?. Atau jangan-jangan kita tidak memperoleh bandwidth sesuai dengan yang kita langgani?

Belum berlangganan saja sudah ada beberapa persoalan birokrasi yang membuat saya kurang sreg. Pertama, janji akan instalasi tanggal 21 Juli 2008, ternyata tidak ditepati, padahal saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Kedua, saya disuruh buat surat permohonan ijin untuk melakukan instalasi jaringan fiber optik di kantor. Padahal sudah saya ijinkan, tetapi tetap maksa agar saya membuat surat tersebut.  Ini kan namanya “siapa yang perlu siapa” aneh juga. Ketiga, tidak ada pemberitahuan lagi kapan instalasinya, tiba-tiba saja tanggal 2 Agustus muncul. Ini namanya tidak sopan.

Terakhir,  sepertinya ini pun nantinya akan bermasalah pula, bahwa saya sudah meminta instalasi jaringan boleh saat ini, tetapi diaktifkan nanti, setelah ada pemberitahuan dari saya lebih dulu. Tentu harus berhenti dulu berlangganan dari provider sebelumnya. Ternyata hari ini sudah diaktifkan. Apakah nanti akan terjadi tagihan dobel dari provider lama + provider baru?

Diskusi

One thought on “Koneksi internet menggunakan Fiber Optik

  1. apakah ini speedy? terus terang saya pribadi merasa kecewa dengan pelayanan perusahaan dengan nama tersebut.

    Posted by laporan | Agustus 7, 2008, 3:18 pm

Tinggalkan Balasan

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
Agustus 2008
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
