//
you're reading...
Software

Sweeping

Ternyata, hingga saat ini perbedaan pendapat seputar pengertian pada UU No 19/2002 tentang Hak Cipta khususnya pasal 72 ayat 3 masih saja terjadi, padahal menurut saya aturan dan bunyinya sudah sangat jelas. Bunyi pasal 72 ayat 3 pada undang-undang  tersebut adalah  “barangsiapa dengan segaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program komputer  dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan atau denda paling banyak Rp 500 juta”.

Menurut pemikiran saya bahwa jika perusahaan memperbanyak program kemudian untuk kepentingan perusahaan seharusnya kan tidak ada masalah. Yang jadi masalah adalah ketika program diperbanyak kemudian dijual untuk mendapatkan suatu keuntungan, tentu ini akan menjadi masalah.

Menurut saya, aneh juga jika polisi, sebagaimana yang diberitakan harian Bisnis (14/10)  berpendapat bahwa ayat itu memiliki pengertian bahwa “yang dimaksud komersial dalam ayat itu adalah penggunaan semua program komputer untuk menjalankan bisnis”. Dan yang dimaksud komersial di sini adalah sesuatu yang bisa menghasilkan keuntungan. Jadi perbanyakan di sini tetap dianggap melanggar UU”.

Saya sependapat dengan Budi Santoso (Ketua Klinik HAKI Undip) yang ditulis di harian yang sama, bahwa perbanyakan produk software untuk dijual adalah urusannya polisi, tetapi perbanyakan produk software untuk urusan kantor itu urusannya lisensi terkait dengan kontrak dan hukumnya perdata, bukan pidana. Kalau pun perusahaan melanggar, itu urusan nya pemilik hak cipta sebagaimana di atur oleh pasal 2 dan pasal 15 UU Hak Cipta.

Jadi, silahkan polisi untuk melakukan sweeping orang-orang yang menjual perbanyakan software tersebut. Tidak perlu lagi ke perusahaan-perusahaan, yang pada akhirnya membuat resah perusahaan. Orang IT resah, dan ujung-ujungnya seluruh karyawan menjadi resah.

Diskusi

One thought on “Sweeping

  1. perlu pelurusan pemahaman sepertinya ya mas..

    Sepertinya sih begitu. Saya setuju dengan cara-cara Microsoft yang secara rutin melakukan edukasi kepada penggunanya melalui seminar-seminar rutin yang kerap diadakan.

    Posted by hanggadamai | Oktober 15, 2008, 6:26 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d blogger menyukai ini: