//
you're reading...
Catatan harian

Ke Bandung Euy …

Mulai hari ini (18/11/08)  hingga 22 Nopember 2008 mendatang saya akan berada di Bandung, untuk suatu tugas kantor. Rencananya, pekerjaan kantor ini akan saya selesaikan hingga tanggal 20 Nopember 2008, sisanya akan saya pergunakan untuk mengurus ijasah saya yang belum saya ambil. Mumpung lagi di Bandung.

Biasanya kalau tugas  ke luar kota, selalu saya kerjakan sendiri (dan ini menjadi suatu kebiasaan saya, karena saya lebih suka untuk sendiri). Tetapi kali ini saya ditemani oleh seorang rekan saya, namanya Mochamad Saleh. Tugas saya kali ini, adalah melakukan migrasi dari System Operasi yang tadinya berbasis di Mangga Dua (baca: bajakan), ke system operasi yang legal. Sungguh penyambutan yang luar biasa, karena sesampainya di Kota Kembang ini, hujan mengguyur dengan derasnya.

Sebagian besar system operasi akan saya rubah ke OpenSuse dengan aplikasi office, OpenOffice.org. Sebagian lagi saya gunakan WIndows XP, dan sebagian lagi saya gunakan NComputing. Masing-masing PC client tersebut mengakses ke server yang berbasis Novell NetWare. Skenario seperti itu, menurut hitung-hitungan secara saya, akhirnya akan dapat menghemat anggaran hingga mencapai 80 persen lebih.  Bayangkan kalau anggaran besarnya Rp 1 M, tetapi bisa saya hemat 800 jt wah … besar banget. Model inilah yang saya kerjakan di Bandung, setelah sukses implementasi di kantror Merak dan Lampung beberapa bulan sebelumnya.

Mengapa harus menggunakan NComputing, kenapa juga tidak seluruhnya saja?  Alasan saya menggunakan NComputing, adalah karena tidak lagi membutuhkan software yang banyak. Satu software cukup diinstalasikan di PC Hostnya saja. Alasan mengenai mengapa tidak seluruhnya diubah ke NComputing, karena akan membutuhkan sumber daya dari PC host yang sangat besar, seperti prosesor dan memory. Saya hanya menggunakan PC yang sudah ada saja, yang saya rubah menjadi host. Sehingga yang dapat menampung client, tidak banyak, hanya 5 – 7 client saja. Selebihnya akan selalu bermasalah.

Mengapa masih menggunakan WIndows XP? Karena ada beberapa software bawaan pihak prinsipal yang tidak memungkingkan untuk dieksekusi melalui system operasi lain. Sehingga sisanya ini baru saya pergunakan Linux.

Saat ini, jika ada pemeriksaan atas masalah legalitas software. Siapa takut???

Diskusi

4 thoughts on “Ke Bandung Euy …

  1. Hanya mau bilang.Selamat sore,mas.
    apa khbr.

    Posted by langitjiwa | November 22, 2008, 9:03 am
  2. Bang… baru denger kabarnya…🙂

    Posted by Menik | November 24, 2008, 4:23 am
  3. Bandung ? Paris van Java ? …. sudah lama menyimpan keinginan untuk berkunjung kesana tetapi blm kesampaian juga….

    Posted by welly | November 27, 2008, 4:36 am
  4. wah ke bandung bro…hmm tapi untuk kerjaan yah dan bukan plesiran ?

    Posted by uwiuw | Desember 2, 2008, 11:43 am

Tinggalkan Balasan

Arsip

Blog Stats

  • 443,412 hits
November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
