//
you're reading...
Software

Perbedaan Product Microsoft: OEM, OLP dan FPP

Kemarin saya mengikuti sebuah training mengenai Microsoft Licensing yang diadakan oleh salah satu distributor Microsoft di Jl. Juanda, Jakarta. Menarik, karena terus terang saya agak rancu dengan istilah-istilah produk dagangan yang digunakan oleh Microsoft dalam menjual produknya. Walaupun datang agak terlambat. Karena acara mulai pkl 09.00, sementara saya datang pkl 10.45 wib dan hanya hingga pkl 11.30 wib :-)
Naman demikian, beberapa penjelasan dari trainner dalam pertemuan tersebut, sempat saya catat, di antaranya  adalah sbb.
Perbedaan OEM, OLP dan FPP
OEM (Original Equipment Manufacturing). Lisensi pada produk OEM ini adalah melekat pada PC (computer). Lisensi pada produk ini tidak bisa ditransfer ke PC lain, jika terjadi kerusakan. Microsoft akan mencatat identitas prosesor dan motherboard. Sehingga jika terjadi kerusakan pada prosesor maupun motherboard, maka otomatis Sistem Operasi Windows XP/Vista yang sudah diinstall menjadi hangus.
 
Sedikit catatan berdasarkan pengalaman saya, bahwa saya pernah mempermasalakan hal ini ke orang Microsoft lewat e-mail dan telp (yaitu ke Mr. LMN, pada tgl 7 Nov 2007 yang lalu) bahwa menurutnya berdasarkan dokumen:  http://download.microsoft.com/download/4/e/3/4e3eace0-4c6d-4123-9d0c-c80436181742/OSLicQA.doc
Memang tidak diperbolehkan memindahkan lisensi dari satu PC ke PC lain. Beruntung saat itu saya berkesempatan menghubungi orang Microsoft lainnya,  dan kebetulan tech support nya baik, sangat membantu mengatasi permasalahan saya. Saya jelaskan permasalahan saya kepada orang tersebut. Dengan alasan yg waku itu saya kemukakan, ada 1 perangkat PC dan saat itu rusak selesai instalasi dan aktifasi, sehingga harus mengganti mainboardnya, masakah menjadi hangus Windows yg baru setelah beberapa menit di install? Atas keluhan tersebut, Windows XP saya bisa dipindahkan ke perangkat yang lain. Jadi, tergantung kepada siapa tech support kita bicara.

Pada produk OEM, bahwa sertifikat (COA) itu harus ditempelkan pada PC, 1 lisensi berlaku hanya untuk 1 PC. Keuntungannya jika menggunakan OEM, harganya paling murah, karena tidak ada box dan juga buku.

OLP (Open License Pogram). Lisensi melekat pada organisasi atau perusahaan dan dapat ditransfer pada PC lain pada perusahaan yang sama. Syarat pembelian adalah 5 unit, bisa dicampur. Lisensi yang dijual adalah produk terbaru, tetapi jika software kita hanya bisa running di versi yang lama. Ini bisa didowngrade ke versi yang lebih rendah.  Untuk pembelian OLP harus menyertakan data-data perusahaan seperti nama peusahaan pembeli, alamat, no telp, fax. Dan untuk prosesnya membutuhkan waktu 2 – 3 minggu.

FPP (Full Product Package).  Lisensi melekat pada pembeli. Tidak perlu menempel sertifikat (COA), karena sertifikat sudah menempel di box. Bila terjadi kerusakan hardware, bisa dipindahkan ke PC lain. Satu lisensi hanya untuk 1 PC. Harganya lebih mahal dari OEM dan OLP.

Aktifasi dan registrasi.
Aktifasi untuk Microsoft WIndows, harus dilakukan sebelum 30 hari sejak penggunaan pertama kali. Untuk aktifasi Microsoft Office, harus dilakukan sejak pertama kali menjalan aplikasi tersebut. Sedangkan untuk registrasi, boleh dilakukan boleh juga tidak, tetapi dianjurkan registrasi.
Mengenai Windows 98
Saya perlu menanyakan masalah ini, mengingat di  beberapa kantor yang saya tangani masih menggunakan sistem operasi ini. Masalahnya apakah boleh menggunakan WIndows 98 bajakan sementara versi originalnya sendiri sudah tidak diproduksi lagi oleh Microsoft? Sementara program-program yang ada hanya running dengan system operasi tersebut. Menurutnya si trainner, tetap tidak diperbolehkan, dan diharuskan menggunakan versi original WIndows XP / Vista. Lalu kalau program yg ada (misalnya) tidak bisa jalan jika menggunakan XP/Vista? Aturannya tetap tidak boleh, dan jika ada sweeping, tetap akan terkena.

Bolehkah menggunakan WIndows XP Home  untuk dipergunakan di Kantor? Ternyata boleh-boleh saja. Untuk apa beli produk yang lebih mahal (WIndows XP/Vista Profesional, kalau yang hanya Home saja bisa). Jadi tidak ada masalah. Hanya saja memang ada beberapa fitur untuk keperluan corporate yang tidak bisa dijalankan jika menggunakan versi Home.

Sedangkan Office Home/Student, menurut si trainner tidak boleh digunakan di perusahaan. Hanya boleh digunakan di rumah. Lah, kalau rumahnya, rumah toko (ruko) boleh donk? he he he… Tetap tidak boleh, karena menurut salah seorang peserta, masalah ini terkait dengan komersial. Bukan terkait pada bentuk bangunan. Semoga informasi ini bermanfaat.

About these ads

Diskusi

35 thoughts on “Perbedaan Product Microsoft: OEM, OLP dan FPP

  1. thanks infonya…. kalo ms office home & student 2007 ( 3pcs ) di install berkali-kali di komputer yang sama bisa gak ? …thanks ya

    Diinstall berkali-kali bisa. Tetapi ada beberapa fitur yang tidak berfungsi. Produk tersebut hanya bisa diinstall hanya untuk 3 client.

    Posted by ade | Oktober 17, 2008, 3:53 am
  2. Trim’s atas informasi-nya. Saya jadi tau perbedaan OEM & FPP. Rencananya mau Upgrade dari Vista home premium ke ultimate,tapi bingung dengan ke 2 istilah produk yang dikeluarin Microsoft tsb. Sekarang jadi tau dehhh.

    Posted by roy | Oktober 20, 2008, 1:48 pm
  3. thanks atas infonya. saya jadi tau perbedaan singkata2 tsb di atas. saya mau bertanya apakah utuk OLP microsoft mengeluarkan lisensi secara tertulis ? klo iya apakah hanya 1 saja atau 5 ? thanks ya sebelumnya

    Iya, dalam bentuk sertifikat, hanya satu.

    Posted by tito | November 27, 2008, 7:46 am
  4. mas, tau enggak kalau upgrade premium ke ultimate itu lisensinya apa???? apa EOM , FPP atau yang laen???

    Posted by France | Januari 1, 2009, 4:13 pm
  5. OOO gt jadi tahu mas kalo penjualan windows dibagi2 menjadi beberapa paket…….?

    tapi biasayay kalo misal kita beli FPP apakah syaratnya akan terlalu rumit dah lama seperti lisensi perusahaan

    Posted by santoso | April 19, 2009, 2:59 am
  6. salam, saya baru membeli pc built up menggunakan windows ori, tapi yg ada cuma stiker coa yg tertempel di cpu.kalo boleh tahu gimana caranya mengetahui windows yang digunakan itu oem, fpp atau olp hanya dengan melihat stiker coa yang menempel di pc ?

    Buka saja Control Panel, Performance and Maintenance, System, lihat saja di Registered to nya: Kalau produk OEM, akan ada bacaan OEM di antara kode register tersebut,
    seperti ini contohnya: 26376-OEM-0015521-58574
    Demikian, semoga membantu

    Posted by aldi kavari | Desember 19, 2009, 7:49 am
  7. Ohohooooo……

    Tuan pd berkantong tebal yah!
    Slamat! Anda direpotkan oleh sebuah Lisensi

    Silahkan jika hendak migrasi kpd kami, dunia kami akan slalu terbuka untuk siapapun krn kami bukanlah Close Source yg dibundling oleh kapitalisme tp krn kami adalah Open Source yg penuh kenikmatan

    Posted by Linuxer | Agustus 14, 2010, 6:10 pm
  8. bos tanya dong bagaimana cara memindahkan lisensi windows FPP dari komputer yang rusak ke komputer lain?

    Posted by himlan | Februari 11, 2011, 11:17 am
  9. tanya lagi dong ciri windows yang FPP itu apa aja? karena gw waktu itu beli windows 7 home premium FPP gw perhatiin ga ada kata2 FPP-nya.
    krn gw penasaran gw install tuh windows di satu komputer setelah selesai sampai activasi sukses. terus besoknya gw coba install di komputer gw yg lain ternyata activasi gagal di situ gw disuruh pakai lisensi yang lain, disuruh beli lisensi baru atau register lewat tlp.
    berarti klo gw mo pindahin linsensi dari komputer yang satu ke komputer yang lain ga bisa dong, caranya gimana apa gw kudu lewat tlp krn klo gw langsung activasi lewat online pasti gagal?

    Posted by himlan | Februari 11, 2011, 11:35 am
  10. bos saya mau tanya.. saya instal windows 7 FPP dan microsoft office 2007 FPP ke 1 PC kemudian saya cloning ke 15 PC yg sama (untuk warnet dan game online), kemudian saya aktifasi 16 PC tersebut lewat telp dan berhasil… apakah warnet saya aman dari razia? soalnya kan tiap pc sudah terinstal windows dan office original dan bisa update,, gmana tuh bos? ane masih ketar ketir kalo didatangi petugas. trims

    Posted by dwi hardi | Maret 15, 2011, 12:43 am
  11. Saya mau tanya, jika pt tersebut baru buka dah membeli software yang penting dan memang harus jalan di win 98 bagaimana ?
    krn bpk bilang bahwa microsoft tidak mengijinkan.

    Posted by asmoro | April 29, 2011, 3:23 am
  12. http://www.microsoft.com/india/originalsoftware/business/adopt_standards/which_edition_and_license.aspx

    berdasarkan info link diatas FPP bisa digunakan 1-4 PC.
    apakah hanya di india saja?

    Posted by surya | Juni 7, 2011, 7:36 am
  13. selamat pagi…sya ingin bertnya…sya memiliki CD windows XP home edition bawaan dari pmbelian laptop,setiap saya menginstal ulang OS,saya tdk prnah menggunakan ny,sya mnggunakn OS lain sprti Vista…
    yg ign sya tnyakan apakh CD itu nsh bs dgunakan ?
    dan slma ini sya tdk prnah mngalami krsakan pda laptop sya…hnya sering di instal ulang bla trkena virus.

    Posted by Risza | Oktober 25, 2011, 8:49 pm
  14. Malam Bos, mohon info bagaimana cara aktivasi&registrasi win 7 pada sekolah, krn yang di dapat sertifikat dari microsoft yang minta diisi logo&nama sekolah?

    Posted by adi | Januari 5, 2012, 3:25 pm
  15. kalo kantor mau menggunakan ms office .. di sarankan pake versi yang manakah ?

    Posted by widy | Juni 1, 2012, 6:04 am
  16. numpang tanya nih om,klo yg fpp itu bisa diinstal 32 bit sama 64 bit ya om…?

    Posted by Bram | Oktober 26, 2012, 2:13 am
  17. malam..mau tanya donk. saya pernah beli OEM Windows 7 ori. trus saya kerampokan alhasil kalau saya mau instal ulang kan ga bisa ya di laptop baru karena license OEM itu. kira2 ada cara lain ga ya supaya saya tetap bisa menggunakan windows ku ini tapi dilaptop yang lama (gimana caranya) teruninstall gitu? kalau ga, kan jadi sia2 windows ori ini ga terpakai dan kalaupun saya instal di laptop baru jadi ga bisa di-updating windows-nya.

    thx

    Posted by riana | Februari 18, 2013, 12:02 pm
    • Selama Sticker OEM melekat pada laptop yang di rampok tersebut, maka CD anda tidak bisa dipergunakan untuk Install dengan product key yang sama. Kecuali Sticker OEM yang ada, ga anda tempel di Laptop yang di rampok tersebut, anda dimungkinkan masih bisa gunakan untuk aktivasi laptop baru tsb. Karena OEM yang terpenting ada pada sticker.

      Posted by Wahyudi Nuzul I | Februari 26, 2013, 1:21 am
  18. Saya koreksi untuk masalah windows 98. Apa bila suatu perusahaan masih menggunakan windows 98 maka bisa di Install dengan Key bajakan! dengan catatan dalam komputer tersebut melekat minimum license windows 95, windows XP Pro, Windows 7 Pro. Perlu diketahui Downgrade untuk produk microsoft diperbolehkan asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Posted by Wahyudi Nuzul I | Februari 26, 2013, 1:17 am
  19. My coder is trying to convince me to move to .net from PHP.
    I have always disliked the idea because of the
    expenses. But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on a variety of websites for about a year and am worried about switching to
    another platform. I have heard fantastic things about blogengine.

    net. Is there a way I can transfer all my wordpress posts into it?
    Any help would be really appreciated!

    Posted by 삭제 | April 10, 2013, 4:13 am
  20. apakah untuk fpp office 2013 bisa di downgrade seperti OLP ?

    Posted by jaya | September 4, 2013, 3:42 am
  21. mau hadware buat perusahaan,hotel, dll??? hubungi twitter saya ya @githafatmala

    Posted by gita fatmala | September 11, 2013, 9:44 am
  22. gan ane mau nanya cara melihat lisensi di komputer kita pakek oem atau olp atau fpp gmn ? mohon penjelasannya..
    thank’s

    Posted by Ahmad | Januari 26, 2014, 9:09 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Cara membedakan COA Windows Asli dan COA Windows Palsu | hanya sekedar penggalan waktu - Juni 15, 2010

  2. Ping-balik: Perbedaan Product Microsoft: OEM, OLP dan FPP « Oborhati Website - Januari 14, 2012

  3. Ping-balik: Perbedaan Product Microsoft: OEM, OLP dan FPP | Hegun - Oktober 16, 2013

  4. Ping-balik: IT Articel | Hegun - Maret 21, 2014

  5. Ping-balik: Jenis License Product Microsoft | Ngintip News - Mei 26, 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 376,916 hits
September 2008
S S R K J S M
« Agu   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: